Hari Kartini ala Semarang Doll Lovers, Menyuguhkan Boneka dalam Balutan Kebaya Etnik

Kompas.com - 18/04/2021, 19:30 WIB
Merayakan Hari Kartini ala Semarang Doll Lovers Dok pribadiMerayakan Hari Kartini ala Semarang Doll Lovers

KOMPAS.com - Hari Kartini tinggal beberapa hari lagi. Beberapa anggota komunitas Semarang Doll Lovers sudah mulai menyibukkan diri.

Apalagi jika bukan untuk mempersiapkan kostum kebaya etnik untuk boneka-boneka cantiknya. 

Salah satu yang dari jauh-jauh hari sudah menggunting pola dan menusuk jahitan adalah desainer Elkana Gunawan Tanuwidjaja.

Desainer yang tergabung dalam Semarang Doll Lovers ini sudah bertahun-tahun membuat dan menjual kostum boneka. Karena dari awal ia sudah terjun ke dalam busana etnik, maka untuk kostum boneka pun Elkana juga memilih jalur etnik.  

Setiap tahun menjelang bulan April, Elkana akan mulai memotong batik, tenun, songket dan juga kain jumputan.

Wastra nusantara ini kemudian akan ia potong sesuai pola ukuran boneka, dan dijahit dalam nuansa kebaya klasik juga kebaya semi modern. 

Lengkap dengan bordir, payet, renda, dan lipatan ala kebaya dan kain jarik tradisional.

Baca juga: Mengenal Sepak Terjang Multatuli, Sosok yang Menginspirasi RA Kartini

Tingkat kesulitan tinggi

Elkana lebih sering membuat baju boneka sesuai pesanan yang datang. Meski ia juga membuat kebaya-kebaya spesial, yang didesain khusus untuk boneka-boneka koleksi pribadinya.

Soal tingkat kesulitan, Elkana mengaku menemukan lebih banyak kerumitan membuat baju boneka ketimbang baju manusia.

Boneka Semarang Doll LoversDok pribadi Boneka Semarang Doll Lovers

"Karena ukurannya sangat kecil, sedangkan saya harus tetap membuat detil layaknya kebaya sungguhan yang dikenakan manusia," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (18/04/2021) pagi. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X