Untuk Penyayang Kucing, Ini 7 Isyarat Kucing yang Wajib Dipahami

Kompas.com - 18/04/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi kucing Unsplash/Erik Jan LeusinkIlustrasi kucing

KOMPAS.com - Tak selalu, penyayang kucing tahu dan mengerti apa yang diisyaratkan anak-anak bulunya. Karena binatang, termasuk kucing, memiliki cara masing-masing untuk menyampaikan pesan atau apa yang diinginkannya.

Namun agar tak tersesat dan salah mengerti, dan agar ikatan antara Anda dan si anak bulu makin kuat, tak ada salahnya mengerti 7 bahaya atau isyarat umum yang sering dilakukan kucing ini.

Dengan mengerti, maka pesan si kucing akan tersampaikan. Dan Anda bisa merespon dengan reaksi yang tepat pula.

Baca juga: Pemilik Harus Tahu, Ini 9 Ciri-ciri Kucing Sedang Kesakitan

1. Dengkuran halus

Kucing sering mendengkur ketika terjaga, ketika ia tengah duduk santai di sofa atau di pangkuan Anda.

Kucing juga bisa menyatakan terima kasihUnsplash/Yerlin Matu Kucing juga bisa menyatakan terima kasih

Dengkuran halus ini sudah bisa disuarakan oleh bayi kucing, bahkan semenjak kucing berusia dua hari. Jadi bisa diartikan, dengkuran halus adalah bahasa atau isyarat natural yang paling sering dikeluarkan kucing.  

Dengkuran ini akan keluar ketika kucing dalam kondisi tenang, bahagia, tak merasa terancam, dan ketika tengah berterima kasih.

Namun dengkuran juga kerap keluar ketika kucing tengah kesakitan, seperti ketika akan melahirkan. 

Lewat penelitian, ternyata kucing juga mengeluarkan dengkuran dengan tujuan untuk membuat diri mereka tenang dan mengurangi rasa sakit.

2. Mengeong singkat dan lirih

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X