Hari Ini dalam Sejarah: Yuri Gagarin Jadi Manusia Pertama Meluncur ke Luar Angkasa

Kompas.com - 12/04/2021, 12:35 WIB
Foto yang diambil pada 3 Juli 1961, menampilkan sosok kosmonot Soviet, Yuri Gagarin, saat mengunjungi Finlandia. Wikimedia CommonsFoto yang diambil pada 3 Juli 1961, menampilkan sosok kosmonot Soviet, Yuri Gagarin, saat mengunjungi Finlandia.

KOMPAS.com - Hari ini 60 tahun lalu, tepatnya 12 April 1961, manusia mencapai luar angkasa untuk pertama kalinya.

Dia adalah Yuri Alekseyevich Gagarin, seorang kosmonot berkebangsaan Uni Soviet.

Penjelajahan Gagarin jadi peristiwa bersejarah bagi peradaban manusia dan penanda titik terang observasi manusia di luar angkasa.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Letusan Gunung Tambora, Tewaskan 71.000 Jiwa dan Eropa Tanpa Musim Panas

Bagaimana perjalanan Gagarin hingga bisa ke luar angkasa?

Lulusan sekolah teknik

Yuri Alekseyevich Gagarin lahir pada 9 Maret 1934 di Desa Klushino dekat Gzhatsk, Uni Soviet (sekarang di Smolensk Oblast, Rusia).

Mengutip European Space Agency, Yuri Gagarin merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Kakak perempuannya membantu membesarkannya sementara orangtuanya bekerja.

Orangtuanya, Alexei Ivanovich Gagarin dan Anna Timofeyevna Gagarina, menghidupi keluarga dengan bekerja di sebuah pertanian kolektif.

Beranjak besar, Gagarin mulai magang di pabrik logam berkaitan dengan pengecoran. Ia pun terpilih untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut di sekolah menengah teknik di Saratov.

Selama di sekolah menengah, Gagarin bergabung dengan kelompok AeroClub. Ia belajar menerbangkan pesawat ringan, yang kemudian menjadi hobinya.

Pada 1955, setelah menyelesaikan sekolah teknik di Saratov, Gagarin mengikuti pelatihan penerbangan di Sekolah Pilot Militer Orenburg.

Ia menjadi letnan di Angkatan Udara Soviet pada 5 November 1957 dan dipromosikan menjadi letnan senior pada 6 November 1959.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Sirkuit Sentul Gelar MotoGP, Diikuti Valentino Rossi di Kelas 125cc

Ikut seleksi rahasia

Uni Soviet memiliki misi untuk meluncurkan manusia ke luar angkasa.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X