Kompas.com - 16/03/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi virus corona di dunia Shutterstock/RidersuperoneIlustrasi virus corona di dunia

KOMPAS.com – Kekhawatiran dunia kembali muncul seiring ditemukannya strain baru virus corona di sejumlah negara.

Bahkan Inggris dan sejumlah negara lainnya terpaksa kembali menerapkan penguncian demi mencegah meluasnya penyebaran strain baru virus corona tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini tengah fokus memantau 3 mutasi virus corona penyebab Covid-19. 

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Terdeteksi di 5 Provinsi, Mana Saja?

Ketiga mutasi virus tersebut adalah B.1.1.7 asal Inggris, B.1.351 dari Afrika dan P.1 dari Brasil.

“Jadi memang ada tiga mutasi yang sudah direkomendasikan oleh WHO untuk jadi perhatian utama kita, yang pertama tentunya B.1.1.7 kemudian kita tahu ada 2 lainnya dari Afrika dan Brasil,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam acara Diskusi bertajuk “Pemantauan Genomik Varian Baru SARS-CoV-2 di Indonesia”, Jumat (12/3/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, imbuhnya, sudah ada banyak sekali mutasi virus yang terdeteksi di Indonesia. Akan tetapi ketiga mutasi tersebut menurutnya adalah yang paling menjadi perhatian utama untuk selalu dipantau.

Nadia menjelaskan varian virus B.1.1.7 saat ini telah dilaporkan di 70 negara, sedangkan B.1.351 saat ini dilaporkan oleh 20 negara. Sementara itu, P.1 dari Brasil telah dilaporkan di lebih dari 30 negara.

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Terdeteksi di 5 Provinsi, Mana Saja?

Berikut lebih jelasnya soal ketiga varian baru virus corona tersebut dan bagaimana karakteristiknya:

1. B.1.1.7

Varian baru virus corona yang kemudian diidentifikasi di Inggris dengan B.1.1.7, pertama kali muncul di Inggris pada September 2020.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X