7 Fakta Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Inggris yang Sudah Masuk ke Indonesia

Kompas.com - 02/03/2021, 17:05 WIB
Pekerja di pabrik masker dan jumpsuit medis di Nantong, Provinsi Jiangsu, China. Gambar diambil pada 27 Januari 2020. China mulai kehabisan stok perkakas pencegahan medis, begitu diumumkan keharusan setiap orang mengenakan masker dan pengaman lain terkait wabah varian baru virus corona (2019-nCoV). EPA-EFE/XU CONGJUNPekerja di pabrik masker dan jumpsuit medis di Nantong, Provinsi Jiangsu, China. Gambar diambil pada 27 Januari 2020. China mulai kehabisan stok perkakas pencegahan medis, begitu diumumkan keharusan setiap orang mengenakan masker dan pengaman lain terkait wabah varian baru virus corona (2019-nCoV).

KOMPAS.com - Tepat setahun setelah kasus Covid-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia, kini mutasi virus corona dari Inggris, B.1.1.7 muncul.

Pengumuman ini disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan ( Wamenkes) Dante Saksono dalam acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca-pandemi, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenristek/Brin, Selasa (2/3/2021).

Ia mengonfirmasi bahwa mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia. Terdapat dua kasus Covid-19 dengan mutasi virus corona ini.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante.

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Sudah Masuk Indonesia, Ini Informasi Lengkapnya...

Lantas, apa itu mutasi virus corona B.1.1.7? Berikut fakta seputar mutasi virus corona B.1.1.7 yang sudah masuk ke Indonesia:

1. Deteksi metode WGS

Dante menjelaskan bahwa temuan dua kasus mutasi B117 ditemukan dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel menggunakan metode pengurutan genom atau Whole Genome Sequence (WGS), yang telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir.

Dilansir dari Pusat Kontrol dan Pencegahan Wabah (CDC), WGS merupakan prosedur laboratorium yang menentukan urutan basa dalam genom suatu organisme dengan satu proses.

WGS membantu menghubungkan suatu kasus yang diteliti, dengan kasus lainnya sehingga wabah dapat dideteksi dan diselesaikan lebih cepat.

Dante mengatakan, dengan adanya temuan dua kasus yang terkait dengan mutasi B.1.1.7 ini, maka Indonesia akan menghadapi pandemi Covid-19 dengan tingkat kesulitan yang semakin berat.

Baca juga: Menilik Varian B117, Mutasi Virus Corona yang Diyakini Lebih Mudah Menular

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X