Kekasih Menghilang Tanpa Kabar dan Kepastian, Apakah Itu Ghosting?

Kompas.com - 07/03/2021, 18:27 WIB
Ilustrasi patah hati SHUTTERSTOCKIlustrasi patah hati

KOMPAS.com - Pernah ditinggal saat lagi sayang-sayangnya? Atau tiba-tiba pasangan tidak dapat dihubungi dan memutus kontak? Bisa jadi Anda sedang di-ghosting.

Ghosting jadi perbincangan warganet berawal dari desas-desus hubungan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dengan kekasihnya, Felicia.

Kata "Ghosting" pun jadi trending topic di Twitter. Hingga Minggu (7/3/2021) pukul 16.30 WIB, kata kunci ini mendapat lebih dari 33.000 twit.

Warganet menyampaikan berbagai pendapat mengenai ghosting, mulai dari mempertanyakan apa itu ghosting, sampai menyampaikan definisi menurut pendapatnya.

Lantas, apa itu ghosting?

Putus komunikasi

Dilansir dari New York Times, 22 Januari 2019, ghosting terjadi ketika seseorang memutuskan semua komunikasi tanpa penjelasan.

Sebagian besar persepsi masyarakat untuk definisi ghosting ada dalam konteks digital. Misalnya, seorang teman atau kekasih tidak menanggapi pesan atau telepon.

Mantan Kepala Program Psikoterapi Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, Vilhauer, ghosting berhubungan dengan tingkat kenyamanan seseorang dan bagaimana mereka menangani emosinya.

Khawatir masa depan

Sebuah studi dari jurnal Sosial dan hubungan personal, Hili Freedman, menemukan ghosting berkaitan erat dengan perasaan tentang masa depan kita.

Misalnya, apakah kita menganggap pasangan kita adalah "the one" atau orang yang tepat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X