Tumpang Sari, Cara Efektif Tanam Cabai di Tengah Tingginya Harga

Kompas.com - 04/03/2021, 12:57 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. UNSPLASH/NICK ARTMANIlustrasi tanaman cabai.


KOMPAS.com - Harga cabai di sejumlah daerah dilaporkan melambung tinggi. Di sejumlah pasar di Kota Tangerang, Banten, harga cabai bahkan mencapai Rp 150.000 per kilogram.

Hal itu sebagaimana diberitakan Kompas.com (4/3/2021).

Salah satu solusi mendapatkan pedas cabai dengan biaya murah adalah dengan menanamnya sendiri di pot atau pekarangan rumah. 

Namun sayang, menanam cabai memiliki beberapa kendala.

Berbagai hama mungkin datang dan membuat tanaman cabai Anda tak tumbuh subur atau malah mati.

Hama pada cabai beragam. Mulai dari hama ulat grayak, hama tungau merah, hama kutu daun, hama kutu kebul, hama lalat buah, hama ulat tanah dan masih banyak lagi.

Berbagai hama ini bisa dideteksi keberadaannya secara dini. Dalam laman Belajartani, hama trips pada cabai bisa dideteksi ketika daun tanaman mulai mengeriting dan berwarna keperakan di bagian bawahnya.

Sedangkan cabai yang menjadi coklat kehitaman seperti busuk, biasanya disebabkan oleh hama fruit fly atau lalat buah.

Hama lalat buah ini merajalela ketika musim penghujan tiba. Sedangkan hama kutu daun dan kutu kebul, biasanya meningkat pesat penyebarannya di musim kemarau.   

Baca juga: Harga Cabai Rawit Merah di Kota Tangerang Tembus Rp 150.000 Per Kg, Ini Penyebabnya

Berbagai penyakit tanaman cabai

Selain karena hama, tanaman cabai juga bisa terganggu pertumbuhannya karena jamur dan bakteri. Busuk daun misalnya, gangguan ini bisa terjadi lantaran cabai terkena jamur Phytophthora capsici . Penyakit ini termasuk yang paling sering terjadi, lantaran penyebarannya cepat melalui air dan udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X