6 Bulan Masih Bergejala Covid-19, Ini Gejala yang Sering Dilaporkan

Kompas.com - 27/02/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19. SHUTTERSTOCK/NENAD CAVOSKIIlustrasi anosmia, gejala Covid-19, gangguan penciuman pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Para peneliti terus melakukan penelitian tentang gejala yang dialami seseorang pasca terinfeksi Covid-19. Kali ini, penelitian dilakukan oleh para peneliti Israel.

Diberitakan The Jerusalem Post, 21 Februari 2021, menurut penelitian itu, hampir setengah dari orang yang tertular kasus Covid-19 ringan atau sedang masih mengalami gejala hingga enam bulan kemudian.

Penelitian tersebut diterbitkan bulan ini di Journal of Clinical Microbiology and Infection.

Sebanyak 103 orang berusia 18 tahun ke atas yang menderita Covid-19 antara April-Oktober 2020 dilibatkan dalam penelitian ini.

Orang-orang tersebut memiliki gejala ringan hingga sedang, artinya mereka bukan asimptomatik.

Mereka tidak dirawat di rumah sakit karena tak memiliki gejala berat. Responden diwawancarai hingga empat kali selama penelitian.

"Sangat menakutkan bahwa setelah enam bulan, orang muda yang sehat dan merasa baik-baik saja sebelum virus corona masih memiliki gejala," kata Dr Sarah Israel dari Hadassah-University Medical Center, yang membantu menulis laporan penelitian tersebut.

Baca juga: Bukan Hasil Uji Klinis, Studi Ini Klaim Vaksin Pfizer Manjur 94 Persen

Dalam enam bulan, 46 persen pasien memiliki setidaknya satu gejala yang belum hilang.

Gejala yang paling sering adalah kelelahan (22 persen), perubahan bau dan rasa (15 persen), serta kesulitan bernapas (8 persen).

Studi tersebut menunjukkan bahwa 44 persen orang mengalami sakit kepala, 41 persen demam, 39 persen nyeri otot, dan 38 persen batuk kering sebagai gejala Covid-19 pertama mereka.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X