Kompas.com - 10/02/2021, 19:41 WIB
Kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) melintas di atas Jembatan Kewek Yogyakarta. KOMPAS/WAWAN H PRABOWOKereta api Prambanan Ekspres (Prameks) melintas di atas Jembatan Kewek Yogyakarta.

 

KOMPAS.com - Setelah beroperasi sejak Mei 1994, Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) akhirnya resmi berhenti beroperasi pada Selasa (9/2/2021).

Perjalanan kereta Jogja-Solo kini berganti dengan Kereta Rel Listrik (KRL).

Prameks, kereta lokal bertarif ekonomis yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta (Jogja), Klaten, dan Solo ini meninggalkan banyak kenangan di benak para pelanggannya.

Apalagi, mereka yang mengandalkan Prameks sebagai moda transportasi harian menuju tempat kerja atau sekolah.

Kenangan bertahun-tahun menjadi penumpang Prameks ini dirasakan Yusticia Eka Noor Ida.

Anggota Ombudsman DIY ini belasan tahun menggunakan Prameks untuk menuju tempat kerjanya di Solo.

"Saya pengguna, saya tinggal di Jogja, bekerja di Solo, sudah sejak 2004 saya ngelaju, hampir 14 tahun saya ngelaju. Tapi kebetulan ini dinas di Jogja jadi beberapa waktu ini belum naik Prameks lagi," ujar Ida saat dihubungi melalui telepon, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Kereta Prameks Akan Pensiun, Ini Sejarahnya dari 1960 hingga Kini

Suka dan duka...

Selama menjadi pengguna setia Prameks, Yustisia mengaku memiliki banyak kenangan dan pengalaman berharga, baik suka maupun duka.

Hal paling membahagiakan adalah interaksi dan jejaring yang terbangun dengan para pengguna lainnya.

"Yang jelas kalau orang Jawa bilang tambah sedulur. Saya membuat quote ''Menua bersama di kereta', karena kebetulan kami setiap hari bareng. Ada sentimen perasaan yang sama, sepenanggungan, senasib, dan berada di lingkungan yang sama," ungkap Ida.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.