Seperti Ini Kondisi di Wuhan Jelang Tahun Baru Imlek 2021

Kompas.com - 10/02/2021, 18:03 WIB
Persiapan Imlek di Wuhan, China. AP/Ng Han GuanPersiapan Imlek di Wuhan, China.

KOMPAS.com - Perayaan tahun baru Imlek merupakan hari libur penting di China. Perayaan serupa juga dirasakan di Wuhan, tempat yang diduga pertama kali ditemukannya infeksi virus corona pada manusia.

Tahun lalu, Imlek dirayakan di tengah kekhawatiran awal kemunculan virus corona.

Imlek jadi ritual reuni tahunan keluarga yang berpengaruh pada miliaran perjalanan pulang dan pergi di China.

Tahun baru China juga biasa disebut sebagai Festival Musim Semi. Warga China mendapatkan libur tujuh hari menurut undang-undang, yang dimulai pada malam tahun baru, yaitu Kamis (11/2/2021).

Pembatasan perjalanan

Dilansir dari Aljazeera, Senin (9/2/2021), musim dingin telah membawa kebangkitan Covid-19 terbesar di China, dengan lebih dari 2.000 kasus baru dan dua kematian pada Januari.

Data WorldomatersRabu (10/2/2021) pukul 16.00, menunjukkan, total kasus di China sebanyak 89,734 kasus, sedangkan kasus aktif sebanyak 969 kasus.

Angka ini terbilang kecil dibandingkan dengan negara lain. Meski demikian, membuat khawatir para pejabat setempat.

Mereka membatasi perjalanan dan aktivitas untuk tahun baru Imlek. Biasanya, pekerja migran memanfaatkan libur untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga. Hal ini berpengaruh pada jumlah perjalanan.

Melansir Bloomberg, karena pembatasan perjalanan, China memperkirakan, warganya melakukan 1,15 miliar perjalanan selama liburan tahun ini.

Jumlah perjalanan tersebut turun lebih dari 60 persen dari 2019 tepatnya pada liburan sebelum kasus Covid-19 pertama.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X