Hari Ini dalam Sejarah: Insulin Pertama Kali Digunakan pada Pasien Diabetes

Kompas.com - 11/01/2021, 13:05 WIB
Ilustrasi insulin. Penemuan insulin mendorong perkembangan pengobatan inovatif bagi penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/M-FotoIlustrasi insulin. Penemuan insulin mendorong perkembangan pengobatan inovatif bagi penderita diabetes.

KOMPAS.com - Hari ini 99 tahun yang lalu, tepatnya 11 Januari 1922, ekstrak insulin pertama kali diberikan kepada pasien diabetes.

Sebelumnya, insulin pertama kali ditemukan oleh Frederick G. Banting, Charles H. Best, dan JJR McLeod di University of Toronto pada tahun 1921.

Mengutip laman Organisasi Diabetes Inggris, pasien yang menerima insulin pertama itu bernama Leonard Thompson.

Dia adalah seorang pasien diabetes yang merupakan remaja laki-laki berusa 14 tahun dan menjalani perawatan di Toronto General Hospital.

Dalam waktu 24 jam, kadar gula darah yang sebelumnya sangat tinggi berhasil turun hingga mendekati level normal.

Hanya saja, ketika itu ekstrak yang diberikan kepadanya sangat tidak murni sehingga Thompson mengalami reaksi alergi yang parah.

Penyuntikan dosis kedua atau penyuntikan kedua pun dibatalkan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Hagia Sophia Selesai Dibangun

Melihat reaksi alergi yang ditimbulkan, rekan sesama dokter dari Banting dan Best, James B. Collip, kemudian bekerja keras siang dan malam untuk memurnikan ekstrak insulin itu.

Setelah dirasa cukup, pada 23 Januari 1922, insulin kembali disuntikkan, tidak disebutkan apakah ini diberikan kepada pasien yang sama, Thompson, atau pasien yang berbeda.

Kali ini, pemberian insulin dinilai berhasil. Selain tidak menimbulkan efek samping signifikan, suntikan insulin juga terbukti sepenuhnya menghilangkan tanda-tanda glikosuria dari diabetes.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X