Minyak Jelantah Jangan Dibuang Sembarangan, Bisa Diubah Jadi Biodisel

Kompas.com - 30/12/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi minyak jelantah DOK. RW 05 JatinegaraIlustrasi minyak jelantah

KOMPAS.com - Minyak jelantah menjadi salah satu limbah cair yang tak jarang ditemukan pada rumah tangga.

Meski terlihat sepele, membuang minyak jelantah ke tempat pencucian piring maupun tanah memiliki dampak buruk.

Head of Communication and Engagement Waste 4 Change (W4C), Hana Nur Aliana, mengatakan dampak terkecil membuang minyak jelantah sembarangan ialah kerusakan pada tempat pembuangan. W4C merupakan startup yang menyediakan layanan manajemen limbah.

"Jika menuang minyak bekas penggorengan ke wastafel, maka hal tersebut dapat menyumbat atau bahkan merusak pipa saluran airnya," kata Hana saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/12/2020).

Sementara, ia mengatakan, dampak terbesar membuang minyak jelantah sembarangan adalah pencemaran tanah dan sumber air.

"Jika dibuang ke tanah, maka minyak tersebut dapat mencemari tanah dan sumber air, karena sifatnya yang sulit untuk menyatu dan sulit terurai," lanjut dia.

Baca juga: Jangan Buang Minyak Jelantah ke Saluran Pembuangan, Ini Dampaknya...

Guna mencegah dampak lingkungan tersebut, W4C mengadakan kampanye yang mengajak masyarakat bijak mengelola minyak jelantah. Masyarakat dapat mengirimkan minyak jelantahnya ke W4C untuk didaur ulang.

Namun sebelum dikirim, masyarakat harus melakukan 3T tersebut pada minyak jelantah, yakni tiris, tuang, dan tampung. Artinya, minyak jelantah yang dikirimkan sudah dalam kondisi bersih dari sisa-sisa bahan makanan.

Kampanye bijak mengelola minyak jelantah tersebut diunggah akun Instagram @waste4change.

Minyak jelantah diubah jadi biodisel

Hana menjelaskan, minyak jelantah yang dikirimkan masyarakat kepada W4C akan diolah menjadi biodiesel.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X