Gerakan Donor Konvalesen, Plasma Pasien Covid-19 yang Sembuh di Yogya

Kompas.com - 29/12/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi peneliti mengambil plasma darah dari pasien yang sembuh dari Covid-19. Plasma konvalesen atau plasma pulih untuk dijadikan terapi antibodi bagi pasien Covid-19. Ilustrasi peneliti mengambil plasma darah dari pasien yang sembuh dari Covid-19. Plasma konvalesen atau plasma pulih untuk dijadikan terapi antibodi bagi pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Plasma darah penyintas infeksi Covid-19 yang disebut plasma konvalesen, diketahui bermanfaat bagi proses penanganan pasien Covid-19 yang masih dalam masa perawatan.

Berangkat dari hal itu, salah satu komunitas kemanusiaan di Yogyakarta, Sonjo, bekerja sama dengan FK-KMK UGM dan RSUP Dr. Sardjito mengadakan gerakan donor plasma konvalesen yang diberi nama Sonjo Husada Konvalesen (SoHibKoe).

Inisiator komunitas Sonjo, Rimawan Pradipto menjelaskan ide untuk mengadakan donor ini muncul dari diskusi mingguan yang mereka lakukan.

Baca juga: Mengenal Terapi Plasma Konvalesen untuk Penderita Covid-19, Bagaimana Cara Kerjanya?

Komunitas Sonjo terdiri dari masyarakat dengan beragam latar belakang, terdapat anggota yang berasal dari FK-KMK UGM dan RSUP Dr. Sardjito.

"Awalnya dari diskusi Sonjo Angkringan #36 yang kami laksaakan 20 Desember 2020, setelah itu kami tindak lanjuti dengan kerjasama dengan tim peneliti FK-KMK UGM, tim Pak Johan dan Pak Teguh, serta RSUP Dr. Sardjito," kata Rimawan saat dihubungi, Selasa (29/12/2020).

Setelah dirembug, Rimawan yang juga Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UGM mengatakan program SoHibKoe dirilis pada Minggu (27/12/2020).

Sonjo sebagai komunitas yang memiliki lebih dari 1.700 anggota di seluruh wilayah DIY menjadi pihak yang mengakomodasi pendaftaran, sementara tim dari FK-KMK UGM dan RSUP Dr. Sardjito menjadi pihak yang menindaklanjuti kaitannya dengan teknis donor, persyaratan, dan sebagainya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by sonjo (@sonjo.jogja)

Syarat donor plasma

Untuk bisa menjadi pendonor plasma konvalesen, seseorang harus memenuhi kriteria tertentu, yakni:

1. Berusia antara 18-60 tahun;
2. Sudah pernah terinfeksi Covid-19 (PCR positif) dan sudah dinyatakan sembuh;
3. Tidak bergejala minimal 14 hari setelah sembuh;
4. Berjenis kelamin laki-laki atau perempuan yang diutamakan belum pernah hamil;
5. Diutamakan bagi mantan penderita Covid-19 yang ketika infeksi mengalami gejala sedang-berat.

Masyarakat yang merasa memenuhi kriteria di atas bisa mendaftarkan diri dengan cara mengisi Google Form di alamat s.id/donorplasma.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X