Hanya Siswa Eligible yang Bisa Mendaftar SNMPTN 2021, Apa Itu Eligible?

Kompas.com - 16/12/2020, 14:30 WIB
Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021 Dok. LTMPTJadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan mekanisme SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021.

Proses pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN-UTBK akan dimulai pada bulan Januari 2021.

Seleksi pertama yang akan dilalui para siswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN.

Berikut ini syarat sekolah yang bisa mendaftar SNMPTN 2021:

  • SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  • Sekolah dengan akreditasi A bisa mendaftarkan 40 persen siswa terbaik di sekolahnya,
  • Sekolah dengan akreditasi B bisa mendaftarkan 25 persen siswa terbaik di sekolahnya,
  • Sekolah akreditasi C atau lainnya hanya bisa mendaftarkan 5 persen siswa terbaik di sekolahnya.
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selain syarat untuk sekolah, ada juga syarat untuk siswa. Akan tetapi berbeda dari SNMPTN 2020, data siswa yang diisikan hanya yang eligible.

Sementara pada SNMPTN 2020, semua data siswa diinput.

Baca juga: Tahapan Pendaftaran dan Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021

Apa itu eligible?

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Dr Budi Prasetyo Widyobroto lewat sosialisasi SNMPTN di laman Youtube LTMPT, Rabu (16/12/2020), menjelaskan secara gamblang terkait eligible.

Dia menyebutkan, pada jalur SNMPTN perguruan tinggi akan mencari para siswa yang unggul di sekolahnya. Walaupun tidak dapat dimungkiri hal itu bisa sangat relatif.

"Sehingga kuota jalur SNMPTN masing-masing sekolah ditentukan oleh 2 hal, yang pertama akreditasi sekolah tersebut, kedua jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut, jurusan paralel," kata Budi.

Karena itu LTMPT akan menghitung kuota sekolah berdasarkan 2 hal tersebut. Kuota itu menunjukkan berapa jumlah siswa yang bisa mendaftar SNMPTN.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X