Cek Suhu Tubuh Pakai Thermo Gun, Bagian Tubuh Ini yang Paling Akurat

Kompas.com - 03/12/2020, 07:29 WIB
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) memeriksa penumpang yang baru tiba dari Malaysia dengan alat deteksi suhu tubuh (thermoscan) di terminal kedatangan bandara Internasional SIM, Aceh Besar, Aceh, Senin (27/1/2020). Pengamatan dan pemeriksaan menggunakan alat pendeteksian suhu tubuh terhadap para penumpang pesawat luar negeri di terminal kedatangan jalur internasional guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama. ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRAPetugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) memeriksa penumpang yang baru tiba dari Malaysia dengan alat deteksi suhu tubuh (thermoscan) di terminal kedatangan bandara Internasional SIM, Aceh Besar, Aceh, Senin (27/1/2020). Pengamatan dan pemeriksaan menggunakan alat pendeteksian suhu tubuh terhadap para penumpang pesawat luar negeri di terminal kedatangan jalur internasional guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama.

 

KOMPAS.com - Salah satu gejala infeksi virus corona adalah demam dengan naiknya suhu tubuh hingga 38 derajat celsius.

Untuk mengecek suhu tubuh seseorang di antaranya menggunakan  termometer tembak atau  thermo gun. 

Namun, ada sejumlah unggahan yang menginformasikan bahwa masih ada orang yang melakukan pengecekan suhu menggunakan thermo gun pada punggung tangan.

Unggahan itu beredar di media sosial Twitter.

"Selama masih ada orang percaya hasil thermogun yang ditembakin ke lengan..," tulis akun Twitter @mosidik dalam twitnya.

Baca juga: Berapa Tinggi Demam yang Jadi Gejala Virus Corona? Ini Kata Dokter

"Mending urusin klaster perkantoran aja ya.
btw, thermogun ke tangan," tulis akun Twitter @echoPiR dalam twitnya.

Dalam unggahannya, akun Twitter @echoPiR mengunggah foto yang menampilkan seorang petugas tengah memegang thermo gun dan mengarahkan ke punggung tangan petugas Satpol PP.

Tidak akurat

Menanggapi hal itu, epidemiolog Indonesia di Griffth University, Australia, Dicky Budiman mengatakan, mengecek suhu tubuh dengan thermo gun di punggung tangan tidak dianjurkan. 

Sebab, hal itu membuat hasil pengecekan yang dilakukan tidak akurat.

"Kalau di tangan tidak dianjurkan karena tingkat akurasinya semakin jauh," ujar Dicky saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: Soal Cek Suhu Tubuh di Tangan, Efektifkah?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X