Kilas Balik 9 Bulan Pandemi Covid-19 dan Dampaknya bagi Indonesia

Kompas.com - 03/12/2020, 06:30 WIB
Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/prasPengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi virus corona atau COVID-19 di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Depok, Jawa Barat, Jumar (3/4/2020). Mural tersebut ditujukan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia.

KOMPAS.com - Sembilan bulan lalu, tepatnya pada 2 Maret 2020, Indonesia melaporkan kasus pertama infeksi virus corona penyebab Covid-19.

Saat itu Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya kasus 1 dan kasus 2 Covid-19 yang teridentifikasi pada seorang perempuan berusia 31 tahun dan ibunya yang berusia 64 tahun.

Jokowi mengatakan, kasus 1 terinfeksi virus corona dari warga negara Jepang yang sempat melakukan perjalanan ke Indonesia. Kasus 1 kemudian menularkan virus itu kepada ibunya, kasus 2.

Baca juga: BREAKING NEWS: Jokowi Umumkan Dua Orang di Indonesia Positif Corona

Setelah pengumuman kasus pertama itu, Indonesia terus melaporkan kasus baru infeksi virus corona hingga sembilan bulan setelahnya.

Perkembangan Covid-19 selama 9 bulan

Sembilan bulan pandemi Covid-19 berjalan di Indonesia, belum ada tanda-tanda bahwa penularan bisa dikendalikan. Trennya bahkan masih mengalami kenaikkan. 

Berdasarkan data dari covid19.go.id hingga Rabu (2/12/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 549.508 orang.

Dalam periode waktu yang sama, korban meninggal dunia akibat Covid-19 juga masih terus bertambah. Total kasus kematian akibat virus corona kini mencapai 17.199 orang, terhitung sejak awal pandemi.

Sementara itu, pasien Covid-19 yang telah dinyatakan kini totalnya mencapai 458.880 orang.

Baca juga: UPDATE: Tepat 9 Bulan Kasus Covid-19 RI Capai 549.508, Bertambah 5.533

Selain itu masih ada 73.429 orang yang berstatus kasus aktif Covid-19 di Indonesia. Mereka adalah pasien yang masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Dampak pandemi Covid-19 di Indonesia

Pandemi Covid-19 memberi dampak besar pada berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Untuk mencegah penularan semakin meluas, kegiatan yang berpotensi mempertemukan banyak orang dalam satu waktu yang sama kini dibatasi.

Kegiatan-kegiatan yang dibatasi antara lain, bersekolah, bekerja di kantor atau pabrik, menonton film di bioskop, dan menghadiri konser musik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X