[HOAKS] Narasi Foto Anjing Diklaim Mencari Pemiliknya Saat Gempa Turki

Kompas.com - 01/11/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar foto seekor anjing di tengah puing reruntuhan yang dinarasikan tengah mencari tuannya saat gempa melanda Turki pada 30 Oktober 2020.

Narasi itu tidak benar.

Dari penelusuran digital, foto tersebut pernah beredar pada 2018, 2019, dan awal 2020 di beberapa situs web dan media sosial, sebelum gempa berkekuatan 7.0 magnitudo melanda Turki pada 30 Oktober 2020.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Triana Andini pada Sabtu (31/10/2020) mengunggah dua buah foto di akun grup Facebook yang masing-masing foto menggambarkan seekor anjing di tengah puing reruntuhan.

Foto pertama menggambarkan anjing di tengah puing reruntuhan menatap bebatuan. Adapun, foto kedua menunjukkan seekor anjing berada persis di depan tangan manusia yang terjulur ke luar bebatuan.

Di statusnya itu, akun tersebut menggambarkan kedua foto terjadi saat kejadian gempa di Turki pada 30 Oktober 2020. Berikut isi lengkap statusnya:

"Kesetiaan anjing yang mencari tuannya ????
*dalam kejadian gempa di Turki 7.0 magnitudo 30/10/2020*"

Status Facebook dengan narasi keliru anjing tengah mencari tuannya saat gempa di Turki, 30 Oktober 2020.Facebook Status Facebook dengan narasi keliru anjing tengah mencari tuannya saat gempa di Turki, 30 Oktober 2020.

Penelusuran Digital

Pemeriksaan narasi seekor anjing tengah menyelamatkan manusia saat gempa di Turki pada 30 Oktober 2020 dilakukan dengan cara menelusuri periode foto itu muncul.

Penelusuran dimulai dengan memasukkan setiap foto ke dalam mesin pencari Yandex. Foto pertama yakni foto seekor anjing di tengah puing dan foto kedua adalah foto seekor anjing di tengah puing berhadapan dengan tangan manusia. 

Berdasarkan pencarian di mesin pencari Yandex, foto pertama serupa dengan foto di situs web gambar dan video, alamy.com. Foto tersebut diambil pada 18 Oktober 2018, tanpa menyebut lokasi pengambilan foto.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X