Covid-19, Penelitian di Inggris, dan Lamanya Virus Corona Menyebar di Udara...

Kompas.com - 29/09/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. Pada sebagian orang Covid-19 dapat mematikan, studi mengungkap virus SARS-CoV-2 dapat memengaruhi protein interferon tipe I (IFN) dalam melawan virus dan membuat sistem kekebalan berbalik melawan dirinya sendiri. SHUTTERSTOCK/creativenekoIlustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. Pada sebagian orang Covid-19 dapat mematikan, studi mengungkap virus SARS-CoV-2 dapat memengaruhi protein interferon tipe I (IFN) dalam melawan virus dan membuat sistem kekebalan berbalik melawan dirinya sendiri.

KOMPAS.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat kasus virus corona di Indonesia mencapai 278.722 hingga Senin (28/9/2020).

Korban jiwa akibat virus SARS-CoV-2 tersebut kini berjumlah 10.473 orang.

Sementara pasien yang sembuh berjumlah 206.870 orang.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Flu dengan Covid-19?

Lantas, berapa lama virus corona dapat bertahan di udara?

Pertanyaan tersebut menjadi salah satu tanda tanya besar tentang virus corona yang belum terjawab hingga kini.

Para ilmuwan pun tengah melakukan serangkaian penelitian untuk menjawabnya.

Salah satunya dilakukan oleh para peneliti di laboratorium dengan keamanan tinggi dekat Bristol.

Baca juga: 5 Cara Membayar Utang di Tengah Dampak Pandemi Covid-19

Melansir The Guardian, Jumat (25/9/2020), pada Senin (28/9/2020), mereka akan mulai melakukan pengujian untuk mengetahui berapa lama virus bersifat infeksius dalam berbagai kondisi lingkungan saat melayang di udara.

"Ini merupakan sebuah pertanyaan yang sangat penting. Sekarang, ada ketertarikan besar untuk menjawabnya agar dapat melakukan mitigasi risiko infeksi di ruang tertutup," kata seorang ahli di Imperial College London, Denis Doorly.

Langkah-langkah mitigasi tersebut diyakini akan dapat dilakukan setelah berapa banyak dan berapa lama virus dapat bertahan di udara telah diketahui.

Baca juga: Virus Corona Menular Lewat Droplet dan Airborne, Apa Bedanya?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X