Studi: Infodemik Paling Banyak di 6 Negara, Termasuk Indonesia

Kompas.com - 27/09/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi media sosial shutterstockIlustrasi media sosial

KOMPAS.com - Sebagian besar rumor, stigma, dan teori konspirasi yang tersebar di media sosial dan surat kabar online teridentifikasi di enam negara, salah satunya Indonesia.

Hal itu termuat dalam penelitian yang diterbitkan The American Society of Tropical Medicine and Hygiene dan dipublikasikan secara online pada 10 Agustus 2020.

Penelitian ini memeriksa infodemik yang mencakup rumor, stigma, dan teori konspirasi terkait Covid-19 yang tersebar di situs web agen pemeriksa fakta, Facebook, dan Twitter.

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap infodemik di surat kabar online serta dampaknya terhadap kesehatan publik. Informasi diambil dari 31 Desember 2019 hingga 5 April 2020.

Penelitian menyebutkan, dari 2.311 laporan terkait infodemik Covid-19 dalam 25 bahasa dari 87 negara, sebagian besar rumor, stigma, dan teori konspirasi teridentifikasi dari enam negara.

Negara-negara itu adalah India, Amerika Serikat, China, Spanyol, Indonesia, dan Brazil.

Sebagian besar yang terjadi di Indonesia adalah rumor. Rumor diartikan sebagai klaim, pernyataan, diskusi seputar Covid-19 yang relevan secara instrumental, tapi belum terverifikasi.

Penelitian menyimpulkan bahwa misinformasi yang dipicu rumor, stigma, dan teori konspirasi dapat memiliki sejumlah implikasi yang berpotensi serius pada individu dan komunitas.

"Pemerintah dan badan lain harus memahami pola rumor, stigma, dan teori konspirasi terkait Covid-19 yang beredar di dunia sehingga mereka bisa mengembangkan pesan komunikasi risiko yang sesuai," tulis penelitian berjudul COVID-19–Related infodemikc and Its Impact on Public Health: A Global Social Media Analysis itu.

Studi sebelumnya juga menemukan bahwa orang kerap mengunjungi situs web badan kesehatan internasional dan kementerian kesehatan untuk mendapat informasi yang kredibel.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X