5 Cara Membayar Utang di Tengah Dampak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 26/09/2020, 19:31 WIB
Ilustrasi kredit pemilikan rumah (KPR) THINKSTOCKS/SARINYAPINNGAMIlustrasi kredit pemilikan rumah (KPR)

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor kehidupan masyarakat tergoncang.

Akibatnya, perekonomian tidak berjalan dengan normal dan banyak orang yang mengalami penurunan penghasilan, bahkan kehilangan pekerjaan.

Padahal kebutuhan hidup sehari-hari tetap berjalan, bahkan mungkin bertambah, terkait kebutuhan perlindungan diri ekstra untuk menghindar dari infeksi virus SRAS-Cov-2.

Baca juga: Mengapa Harga Emas Cenderung Terus Naik?

Kebutuhan lain seperti kewajiban membayar cicilan utang juga tetap berjalan, jika ada, seperti cicilan kendaraan, cicilan rumah, dan sebagainya.

Lalu bagaimana caranya semua beban ini tetap terbayar di tengah minimnya pemasukan yang ada di saat pandemi?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group, Andy Nugroho menyebut ada 5 cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Demi Masa Depan, Lebih Baik Menabung atau Investasi?

Kelima cara itu disampaikan oleh Andy saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020) siang.

1. Kalkulasikan jumlah aset dan besar cicilan

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memperhatikan berapa banyak aset yang dimiliki dan berapa besar utang yang harus kita cicil setiap bulannya.

"Dari sini kita bisa berhitung berapa lama kita bisa bertahan untuk tetap membayar utang meskipun tidak ada pemasukan tambahan atau tidak ada pemasukan sama sekali," kata Andy.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X