Studi: Produk Semprotan Hidung di Australia Tekan Pertumbuhan Virus Corona pada Hewan

Kompas.com - 28/09/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi seorang perempuan menggunakan nasal spray. SHUTTERSTOCK/IMAGE POINT FRIlustrasi seorang perempuan menggunakan nasal spray.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan pada hewan dari perusahaan bioteknologi Australia, Ena Respiratory, menunjukkan semprotan hidung yang dikembangkannya mampu mengurangi pertumbuhan virus corona.

Dikabarkan Reuters, Senin (28/9/2020), semprotan yang diproduksi perusahaan bioteknologi ini digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia melawan flu.

Produk semprotan, INNA-051, dapat digunakan sebagai pelengkap vaksin, yang dapat menurunkan tingkat virus penyebab Covid-19 hingga 96 persen.

Studi yang dilakukan itu dipimpin oleh Badan Pemerintah Inggris Public Health England.

Dilansir CNA, perusahaan telah mengumpulkan 11,7 juta dollar AS untuk mengembangkan semprotan tersebut.

Investor yang memberikan dana ini termasuk perusahaan modal ventura Brandon Capital, pemerintah federal Austrasila, dana pensiun, dan bioteknologi raksasa CSL.

Sementara beberapa perusahaan di seluruh dunia tengah mengejar pengembangan vaksin virus corona, Australia telah menandatangani perjanjian dengan beberapa perusahaan farmasi yang menginvestasikan miliaran untuk mengamankan vaksin potensial untuk Covid-19.

Baca juga: Uji Coba Vaksin Corona Johnson & Johnson Tunjukkan Respons Kekebalan Tubuh Kuat

Uji coba pada manusia

Dilansir dari The Australian Financial Review, ini menjadi perkembangan yang signifikan saat dunia berlomba menemukan solusi menghentikan penularan dan infeksi Covid-19.

Studi menunjukkan, dengan meningkatkan respons kekebalan tubuh sebelum infeksi, semprotan hidung yang dikembangkan ini mampu secara drastis mengurangi kemampuan virus untuk menginfeksi dan bereplikasi pada hewan uji coba.

Para ilmuwan percaya, manusia mungkin mempunyai respons serupa terhadap semprotan hidung ini, yang dapat digunakan sebagai terapi antivirus dan mampu melengkapi vaksin apa pun.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X