Malaysia Larang WNI Masuk, AirAsia Tetap Terbang Jakarta-Kuala Lumpur

Kompas.com - 09/09/2020, 16:15 WIB
Pesawat Air Asia terlihat di apron terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (25/4/2020). Bandara Soekarno-Hatta untuk sementara tidak melayani angkutan penumpang mulai Jumat (24/4/2020) hingga 1 Juni mendatang. Peraturan tersebut dalam rangka pengendalian transportasi selama musim mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPesawat Air Asia terlihat di apron terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (25/4/2020). Bandara Soekarno-Hatta untuk sementara tidak melayani angkutan penumpang mulai Jumat (24/4/2020) hingga 1 Juni mendatang. Peraturan tersebut dalam rangka pengendalian transportasi selama musim mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

 

KOMPAS.com - Maskapai AirAsia tetap membuka layanan penerbangan rute Jakarta-Kuala Lumpur meskipun Pemerintah Malaysia telah mengeluarkan larangan untuk masuknya WNI ke wilayahnya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine.

"AirAsia Indonesia masih melayani rute penerbangan Malaysia-Indonesia," kata Veranita, Selasa (8/9/2020.

Penerbangan ini tetap dibuka untuk melayani penumpang lain yang memang masih diperbolehkan untuk masuk kedua negara, atau sekadar transit.

"(Penerbangan) Difokuskan untuk mengangkut warga negara Indonesia yang ingin kembali ke tanah air, dan warga negara lainnya yang telah mendapat pengecualian untuk masuk ke Indonesia, serta warga negara Malaysia yang ingin pulang ke Malaysia," jelas dia.

Baca juga: WNI Dilarang Masuk Malaysia, Garuda Tetap Buka Rute Jakarta-Kuala Lumpur PP

Mengikuti aturan otoritas terkait

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, Veranita menyebut operasionalisasi penerbangan AirAsia tetap mematuhi peraturan dan arahan otoritas terkait.

Selain itu, perusahaan terus melakukan koordinasi dengan berbagai otoritas negara tujuan penerbangan untuk mengetahui aturan terkini yang diberlakukan.

"AirAsia Indonesia secara aktif berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah dan otoritas setempat mengenai kebijakan pengangkutan penumpang yang berlaku," sebut Veranita.

Berdasarkan jadwal yang ditampilkan dalam laman resmi AirAsia, rute perjalanan Jakarta-Kuala Lumpur diselenggarakan 4 kali dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu.

Namun untuk pekan ini, penerbangan hanya tinggal tersedia di hari Sabtu (12/9/2020) saja. Sementara untuk pekan depan, penerbangan hari Selasa (15/9/2020) juga tidak ada di jadwal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X