WNI Dilarang Masuk Malaysia, Garuda Tetap Buka Rute Jakarta-Kuala Lumpur PP

Kompas.com - 08/09/2020, 14:34 WIB
Seri pesawat boeing 737 NG (737-800) Garuda Indonesia. WikimediaSeri pesawat boeing 737 NG (737-800) Garuda Indonesia.

KOMPAS.com - Garuda Indonesia tetap membuka layanan penerbangan dengan rute Jakarta- Kuala Lumpur dan sebaliknya, Kuala Lumpur- Malaysia, meski Pemerintah Malaysia melarang WNI masuk ke wilayahnya.

Larangan tersebut efektif berlaku sejak Senin (7/9/2020) hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun, hal itu tidak serta merta menghentikan layanan transportasi udara dari maskapai pelat merah ini.

Tetap  beroperasinya rute Garuda Indonesia dari dan ke Kuala Lumpur dikonfirmasi langsung oleh General Manager PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Kuala Lumpur, Muh. Fredrik Kasiepo.

"Kami masih terbang dari Kuala Lumpur menuju Jakarta (dan Jakarta-Kuala Lumpur). Pesawat itu semula dari Jakarta ke Kuala Lumpur baru dari Kuala Lumpur ke Jakarta," kata Fredrik saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Selain Malaysia, Ini 4 Negara yang Larang WNI Masuk di Masa Pandemi Corona


Jadwal operasional rute ini juga belum ada rencana perubahan meski aturan Pemerintah Malaysia soal pembatasan orang asing sudah mulai diterapkan.

"Hari operasinya itu Selasa, Kamis, dan Minggu. Sampai saat ini belum ada rencana perubahan, tapi kita lihat juga nanti situasi perkembangannya kan," ujar dia.

Menurut Fredrik, di Malaysia, permintaan tiket pesawat menuju Jakarta atau Indonesia masih diminati.

Khususnya oleh para WNI yang ingin kembali ke Tanah Air di tengah ketidakpastian kondisi seperti sekarang ini.

"Di sini masih banyak warga negara kita yang ingin pulang ke Indonesia. Makanya kami tetap beroperasi untuk mengakomodir keinginan dan kebutuhan para WNI yang akan balik ke Indonesia," jelas Fredrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X