Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bioskop di China Dibuka Kembali Setelah 6 Bulan Tutup, Popcorn Dilarang

Kompas.com - 27/07/2020, 12:29 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

Sumber SCMP

KOMPAS.com - Sebagian besar bioskop di China dibuka kembali pada Senin (20/7/2020) setelah enam bulan ditutup karena merebaknya virus corona.

Pembukaan kembali bioskop tersebut sejalan dengan dilonggarkannya aturan pembatasan sosial karena wabah mulai terkendali.

Selain bioskop, taman-taman, tempat wisata, pusat kebugaran, perpustakaan dan museum yang ada di Beijing juga turut dibuka pada hari yang sama dengan kapasitas setengahnya saja.

Beijing sendiri telah melaporkan nol kasus infeksi Covid-19 selama 14 hari secara berturut-turut.

Mengutip SCMP, Senin (20/7/2020), acara pertemuan yang melibatkan orang banyak juga telah diberikan izin untuk dilakukan, tetapi harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Sementara untuk acara pameran, pertandingan olahraga dan pertunjukan masih akan terus dievaluasi dengan maksud untuk secara bertahap dilanjutkan.

Disebutkan dalam laman tersebut, China telah menetapkan hanya dua wilayah berisiko tinggi dan tiga wilayah berisiko menengah.

Baca juga: Rencana Bioskop Dibuka 29 Juli, Ini Kata Epidemiolog hingga Gugus Tugas

Aturan di bioskop

Administrasi Film China mengumumkan bahwa bioskop di daerah berisiko rendah dapat dibuka kembali dengan mematuhi beberapa aturan.

Di antaranya yakni pemesanan tiket harus secara online, hanya 30 persen kursi yang dapat ditempati, dan wajib menggunakan masker.

Selain itu, pengunjung tidak boleh duduk berdekatan, harus berjarak satu meter, serta tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman termasuk popcorn, makanan wajib saat menonton film di bioskop.

Coco Lu, yang bekerja di bidang investasi di selatan kota Guangzhou, mengatakan dia telah membeli beberapa tiket untuk membantu mendukung industri film yang sedang berjuang, meskipun tidak dapat menggunakannya karena dia sedang bekerja.

"Terakhir kali saya menonton film adalah pada bulan Januari tahun ini - Knives Out ," kata Lu, merujuk pada film misteri Amerika 2019 yang ditulis dan disutradarai oleh Rian Johnson.

"Saya telah mendengar bahwa banyak profesional film berada dalam situasi yang sulit. Semoga, dengan dimulainya kembali pekerjaan secara bertahap, seluruh industri akan kembali ke jalurnya," kata dia.

Yumi He, seorang pegawai negeri sipil di Shanghai, juga mengatakan dia akan menonton film China A First Farewell.

"Saya belum pernah ke bioskop setidaknya setengah tahun, dan ketika saya berpikir bagian kehidupan ini telah hilang, itu kembali lagi," katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com