Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Banjir Luwu Utara dari Pengamatan Citra Satelit Lapan

Kompas.com - 18/07/2020, 15:27 WIB
Nur Rohmi Aida,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banjir yang terjadi di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7/2020), telah mengakibatkan 3.627 kepala keluarga atau 14.483 jiwa yang berasal dari tiga kecamatan harus mengungsi.

Para pengungsi itu tersebar di Kecamatan Sabbang, Baebunta, dan Masamba.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memantau kerusakan yang terjadi akibat banjir melalui satelit SPOT-6 dan Pleiades pada Jumat (17/7/2020), yang diterima oleh Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Lapan di Parepare.

Data tersebut selanjutnya diolah oleh tim Lapan di Jakarta dan dibandingkan dengan data satelit SPOT-7 sebelum kejadian pada 4 Oktober 2019.

“Hasil menunjukkan banjir bandang ini melalui Kecamatan Sabbang, Masamba, Baebunta, Malangke, dan Malangke Barat,” ujar Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dr M. Rokhis Khomarudin, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Baca juga: Saat Bupati Luwu Utara Jadi Korban Banjir dan Mengungsi Bersama Warga

Berikut ini hasil potret satelit Lapan terkait banjir di Luwu Utara:

Hasil Citra Satelit Banjir Malangke BaratLapan Hasil Citra Satelit Banjir Malangke Barat

Hasil Citra Satelit MalangkeLapan Hasil Citra Satelit Malangke

Potret banjir Masamba Luwu Utara dari citra satelit Potret banjir Masamba Luwu Utara dari citra satelit

Dari hasil tangkapan citra satelit tersebut, terlihat bahwa pada wilayah terdampak banyak bangunan di area pemukiman yang dilalui oleh banjir.

Selain itu, area persawahan dan perkebunan juga banyak yang rusak akibat terendam lumpur.

“Pada citra satelit, wilayah yang dilalui banjir bandang ini berwarna coklat karena keberadaan lumpur atau tanah yang mengering setelah 4 hari kejadian bencana,” kata Rokhis.

Data satelit juga menunjukkan adanya titik-titik longsor yang cukup banyak di wilayah hulu Sungai Sabbang, Sungai Radda, dan Sungai Masamba.

“Kondisi ini perlu diwaspadai untuk antisipasi kejadian bencana berikutnya,” ujar dia.

Baca juga: Banjir Bandang Landa Luwu Utara, Hutama Karya Terjunkan Alat Berat

Sebelumnya, Deputi Penginderaan Jauh Lapan juga menganalisis kemungkinan penyebab banjir Luwu Utara menggunakan citra satelit.

Dari kajian awal yang dilakukan, banjir kemungkinan tidak terkait dengan perubahan penutup lahan.

“Hasil analisa penutup lahan tersebut menunjukkan tidak ada perubahan yang cukup signifikan baik untuk penutup lahan hutan, pertanian, maupun lainnya,” ujar Rokhis, Jumat (17/7/2020).

Kondisi rumah dan mobil yang tertimbun lumpur akibat terjangan banjir bandang di Kecamatan Masammba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (15/07). Setelah banjir bandang melanda, beberapa warga menyaksikan banyaknya potongan kayu besar memenuhi sungai.Antara Foto Kondisi rumah dan mobil yang tertimbun lumpur akibat terjangan banjir bandang di Kecamatan Masammba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (15/07). Setelah banjir bandang melanda, beberapa warga menyaksikan banyaknya potongan kayu besar memenuhi sungai.
Meski demikian, Lapan menyebutkan, hasil analisis tersebut masih perlu dikaji lebih mendalam karena ada beberapa spot pembukaan lahan yang belum terlihat jelas dari citra satelit yang digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com