Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Jemaah Haji asal Padang Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2020

Kompas.com - 18/07/2020, 10:45 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan bernarasikan adanya rombongan jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat berangkat ke Tanah Suci, beredar di media sosial, Kamis (9/7/2020).

Pada unggahan itu, disebutkan bahwa para jemaah haji berangkat ke Tanah Suci melalui lobi khusus para tokoh dan ulama yang ada di Padang, Sumatera Barat.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pengguna Facebook Auliya Jaya Gorden salah satu pengunggah soal adanya jemaah haji asal Padang yang berangkat ke Tanah Suci.

Terlihat, unggahan tersebut ia bagikan ke grup Facebook Info Kejadian Indonesia Timur (KIT). Berikut keterangan foto tersebut: 

"Rombongan jema'ah haji Padang Sumatra Barat berangkat kebandara untuk selanjutnya menuju tanah suci menunaikan haji--dengan adanya lobi khusus para tokoh dan ulama Padang Sumatra Barat dengan Kerajaan Arab Saudi dan juga adanya hubungan history Kerajaan Pagaruyung Sumatra Barat pada zaman dulunya, serta Keluarga Kerajaan Pagaruyung juga mempunyai lahan tanah yang cukup luas di Arab Saudi,sekarang ini dibangun Hotel untuk jemaah haji asal Sumatra Barat--memudahkan urusan warga yang menunaikan haji asal Sumatra Barat tersebut--disamping itu Kerajaan Arab Saudi juga sangat menghargai Alm Sheh Ahmad Khatib asal Padang yang pernah menjadi Imam besar Masjidil Haram-- semoga hubungan baik Kerajaan Arab Saudi dengan Padang Sumatra Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya terjalin lebih akrab lagi kedepannya dan yang menunaikan Haji mendapat haji mabrur--aamiin," tulis akun Facebook Auliya Jaya Gorden.

Selain itu, akun Facebook Asdar Ra'uuf Rauf juga ikut menyebarkan informasi tersebut.

Unggahan akun tersebut telah dihapus tetapi masih dapat dilihat di sini.

Sebelum dihapus, unggahan milik akun Facebook Asdar Ra'uuf Rauf telah disukai lebih dari 5.000 kali dan dibagikan lebih dari 2.100 kali.

Tangkapan layar unggahan bernarasikan soal keberangkatan jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat ke Mekah.Facebook/Asdar Rauuf Rauf Tangkapan layar unggahan bernarasikan soal keberangkatan jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat ke Mekah.

Konfirmasi Kompas.com

Menanggapi viralnya unggahan tersebut, Kompas.com menghubungi Kasubbag Umum dan Humas Kantor Kementerian Agama Sumatera Barat Eri Gusnedi.

Eri menegaskan, unggahan tersebut tidak benar dan dia memastikan hal itu adalah hoaks.

"Itu informasi tidak benar. Tahun 2020 ini tidak ada jemaah haji dari Padang, Sumatera Barat yang berangkat ke Mekah," kata Eri saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Awalnya, kata Eri, ia dan timnya mendapat informasi tersebut dari kantor-kantor Kemenag di provinsi lain.

Kemudian, Eri dan timnya bergegas untuk melacak keberadaan informasi yang menyesatkan tersebut.

"Pertama, kemarin kita dapat informasi dari kantor-kantor Kemenag yang lain, tentu kan kami di humas langsung melacak keberadaan postingan tersebut. Kita lihat, foto itu saya cek diunggah pada tahun 2018 dan itu diposting oleh akun Instagram @robbyrotanayulian," ucap Eri.

Namun, Eri melanjutkan, postingan akun Instagram tersebut tidak bernarasikan soal ibadah haji. @robbyrotanayulian hanya memotret tentang keindahan alam.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com