Studi: Masker N95 Lebih Unggul Lindungi Petugas Medis dari Virus Corona

Kompas.com - 09/06/2020, 12:01 WIB
, SHUTTERSTOCK,

KOMPAS.com – Sebuah analisis baru terhadap 172 studi mengonfirmasi mengenai apa yang pernah dikatakan para ilmuwan selama ini yakni N95 beserta masker respirator lain jauh lebih unggul dalam melindungi tenaga medis dari virus corona.

Hasil penelitian yang diterbitkan The Lancet tersebut menegaskan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO beserta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) seharusnya merekomendasikan pekerja medis seperti perawat dan mereka yang di UGD mengenakan masker N95, bukan sekedar masker biasa.

"Sangat mengecewakan bahwa WHO dan CDC telah menyarankan bahwa masker bedah memadai, padahal jelas tidak," kata David Michaels, seorang profesor di Universitas George Washington yang mengepalai Keselamatan dan Administrasi Kesehatan di bawah Presiden Obama sebagaimana dikutip dari NYTimes. 

Menurut dia, banyaknya tenaga medis yang menggunakan masker bedah inilah yang menjadi salah satu penyebab masih banyaknya pekerja yang terinfeksi.

Baca juga: Jangan Lupa Pakai Sunscreen Walau Wajah Tertutup Masker

Perlindungan hingga 96 persen

Menurutnya, berdasarkan hasil temuan masker N95 memberikan perlindungan sebesar 96 persen. 

Sementara masker bedah hanya 67 persen. Temuan tersebut merupakan hal penting saat Amerika Serikat bergerak untuk membuka kembali perekonomian.

"Ketika ada ketidakpastian dan Anda tidak tahu segalanya tentang suatu penyakit, Anda harus berhati-hati, yang berarti Anda harus mengambil yang terburuk dan memberikan yang terbaik bagi pekerja perawatan kesehatan," kata Dr. Raina MacIntyre, seorang ahli epidemiologi di Universitas New South Wales di Sydney, Australia

Sebelumnya, juga terdapat penelitian yang menunjukkan memakai masker menunjukkan hasil efektif.

Analisis baru juga menunjukkan bahwa memberikan perlindungan terhadap mata dengan pelindung wajah atau menggunakan kacamata pelindung dapat memberikan perlindungan tambahan bagi petugas kesehatan. 

Analisis menemukan, penggunaan masker mengurangi kemungkinan infeksi menjadi 3 persen dari 17 persen, dan pelindung mata menjadi 6 persen dari 16 persen.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X