Proses Refund Dikeluhkan Lama, Berikut Penjelasan dari Traveloka...

Kompas.com - 09/06/2020, 09:27 WIB
- -

KOMPAS.com - Akibat pandemi Covid-19, banyak orang terpaksa membatalkan rencana bepergian atau berwisata mereka. Tiket pesawat atau hotel yang sudah mereka pesan jauh-jauh hari akhirnya terpaksa dibatalkan.

Traveloka sebagai perusahaan travel yang menyediakan beragam kebutuhan perjalanan mulai dari tiket pesawat dan hotel juga tidak luput dari pembatalan pesanan yang dilakukan oleh penggunanya.

Namun, belakangan ini di media sosial Twitter, para pengguna jasa Traveloka di Indonesia mengeluhkan proses refund atau pengembalian dana tiket pesawat maupun hotel yang telah mereka batalkan.

Warganet mengeluhkan proses refund yang dianggap lama dan uang yang sudah mereka bayarkan tidak kunjung cair dan masuk ke rekening mereka.

Baca juga: Airy, Airbnb, Traveloka Terhantam Corona, Mampukah Bisnis Rekreasi Pulih Usai Pandemi?

Banyak permintaan

Melalui keterangan resmi yang diterima oleh Kompas.com pada (8/6/2020) pihak Traveloka mengakui ada volume permintaan bantuan yang sangat tinggi dan tidak hanya diterima oleh Traveloka, tetapi juga diterima oleh para mitra mereka.

Hal ini yang menyebabkan terjadinya waktu tunggu yang lebih lama dibandingkan dengan situasi normal. 

Untuk mengatasi situasi ini, Traveloka telah melakukan berbagai upaya, seperti mengerahkan hampir separuh karyawannya untuk membantu tim Customer Care dan juga terus melakukan follow-up intensif kepada para mitra.

"Kami memahami bahwa saat ini masih terdapat pengguna yang proses refund-nya telah
disetujui dan masih menunggu pengembalian dana. Namun, perlu kami tekankan bahwa
kebijakan refund yang kami sampaikan kepada pengguna selalu mengacu pada prosedur
mitra, termasuk bentuk refund yang dikembalikan (seperti Travel Voucher), lama waktu
pengembalian refund, dan lain-lain," kata Andhini Putri, Head of Marketing, Transport, Traveloka. 

Baca juga: Cara Refund Tiket Lion Air Group, Tunda Terbang Mulai 5 Juni

Andhini menyebut bahwa perjalanan pengembalian dana hingga ke tangan pengguna cukup panjang dan melibatkan banyak pihak.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X