Masih Jadi Misteri, Mengapa Sumur Air Zamzam Tidak Pernah Kering?

Kompas.com - 16/05/2020, 11:35 WIB
Petugas pembersih membersihkan titik air Zamzam, setelah merebaknya virus corona, di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi pada 3 Maret 2020. REUTERS/STRINGERPetugas pembersih membersihkan titik air Zamzam, setelah merebaknya virus corona, di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi pada 3 Maret 2020.

KOMPAS.com - Mengulik persoalan mengenai tidak pernah keringnya sumur air Zamzam di Mekkah selalu menarik untuk dikupas.

Sumur yang menghasilkan air bernama Zamzam atau air yang dianggap suci oleh umat Islam tersebut diyakini dapat menjadi obat segala penyakit.

Adapun sumber dari air ini terletak di daerah Mekkah, salah satu kota paling suci bagi umat Islam.

Baca juga: Boleh Dilakukan di Rumah, Ini Tata Cara Shalat Idul Fitri

Dilansir Egypt Today, Kamis (16/8/2018), sumur air Zamzam tidak pernah kering karena reservoir terhubung ke air tanah yang terbarukan, sehingga tidak akan mengering kecuali dalam kondisi tertentu.

Hal itu diungkapkan oleh profesor geologi dan sumber daya air di African Research Institute Abbas Sharaqi.

"Tidak menipisnya air berarti bahwa itu adalah air terbarukan. Air tanah bisa terbarukan, seperti yang ada di sumur Zamzam," kata Sharaqi.

Menurut Sharaqi, sumur air Zamzam sendiri telah ada sekitar 4.000 tahun yang lalu sesuai kalender Hijriah, dan terletak di sebelah timur Kabah atau 21 meter dekat halaman Masjidil Haram.

Baca juga: Shalat Tarawih di Rumah, Pilih 11 atau 23 Rakaat? Simak Penjelasan Lengkapnya

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X