Hari Ini dalam Sejarah: Taj Mahal Selesai Dibangun, Bagaimana Prosesnya?

Kompas.com - 09/05/2020, 11:06 WIB
Putri Diana ketika berfoto sendirian di depan Taj Mahal, India. Tangkap layar foto Putri Diana di depan Taj Mahal via CheatSheetPutri Diana ketika berfoto sendirian di depan Taj Mahal, India.

KOMPAS.com - Hari ini 367 tahun yang lalu, tepatnya pada 9 Mei 1653, bangunan bersejarah Taj Mahal selesai dibangun.

Dilansir History Answer, Jumat (13/2/2015), bangunan yang ada di Agra, India itu dibangun mulai 1632 hingga 1653 oleh Kaisar Mughal kelima Shah Jahan.

Taj Mahal merupakan sebuah makam yang didedikasikan untuk istri ketiganya, Mumtaz Mahal.

Baca juga: Klaten Jadi Trending di Twitter, Berikut Sejarah Kota yang Dipimpin Bupati Sri Mulyani

Waktu itu, Shah Jahan menghadapi pemberontakan di Dataran Tinggi Deccan. Dia bertarung bersama pasukan ketika Mumtaz meninggal.

Istrinya meninggal karena melahirkan anak ke-14 pada 1631. Kaisar yang hatinya hancur lalu memilih mengasingkan diri selama setahun.

Ia dilaporkan muncul kembali saat rambutnya berubah jadi putih.

Dikatakan bahwa istrinya yang sedang sekarat meminta agar dia tidak menikah lagi dan ingin dia dihormati dengan mausoleum (makam).

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Apple Inc Didirikan, Bagaimana Awal Mulanya?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X