Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Tiga Permohonan kepada Pemerintah

Kompas.com - 23/04/2020, 09:38 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEBAGAI pembelajar kemanusiaan, saya merasa iba atas penderitaan para fakir miskin, tuna wisma, buruh terpapar PHK, ojekawan, pedagang asongan, kaki lima dan lain-lain warga yang kehilangan sumber nafkah demi sesuap nasi dan seteguk air minum pada masa pageblug virus Corona.

Untuk rakyat

Terdorong rasa prihatin atas derita rakyat, maka melalui naskah sederhana ini dengan penuh kerendahan hati saya memberanikan diri mengajukan tiga permohonan kepada pemerintah.

Tiga permohonan bukan untuk diri saya sendiri namun untuk sesama warga Indonesia yang belum menikmati nikmatnya kemerdekaan Indonesia setelah diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada 17 Agustus 1945.

Insya Allah, para pemimpin bangsa yang telah dipilih oleh rakyat Indonesia untuk menduduki tahta singgasana kekuasaan tidak melupakan nasib rakyat yang telah memilih mereka.

Kepentingan rakyat terutama kaum wong cilik , harus dikedepankan sebagai prioritas pembangunan negara, bangsa dan rakyat Indonesia.

Jangan ingkar kenyataan bahwa sebelum ada negara dan bangsa, terlebih dahulu sudah ada rakyat. Mustahil ada negara dan bangsa tanpa rakyat. Maka hukumnya wajib bahwa kepentingan rakyat harus diletakkan pada posisi tertinggi di atas segala-galanya.

Permohonan pertama

Dengan penuh kerendahan hati saya memohon pemerintah berkenan menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia bukan hanya di perkotaan namun juga di seluruh pedesaan di persada Nusantara.

Selaras sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, seyogianya pemerintah wajib menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi bukan sebagian namun seluruh rakyat Indonesia selaras Keadilan Sosial untuk Seluruh Rakyat Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com