Karakteristik Virus Corona di Indonesia Berdasarkan Kelompok Usia

Kompas.com - 11/04/2020, 12:45 WIB
Warga berjemur di bawah sinar matahari di sekitar rel kereta Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (10/4/2020) pagi. Selain berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari menjadi aktivitas rutin di tengah pandemi Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGWarga berjemur di bawah sinar matahari di sekitar rel kereta Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (10/4/2020) pagi. Selain berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari menjadi aktivitas rutin di tengah pandemi Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2.

KOMPAS.com - Kasus virus corona sejauh ini memang dilaporkan rentan menginfeksi orang-orang atau pasien usia lanjut.

Selain mengancam pasien di kisaran 60 tahun, virus corona juga memiliki fatalitas tinggi untuk pasien-pasien yang memiliki penyakit bawaan seperti jantung, diabetes dan hipertensi.

Namun meskipun demikian, orang-orang dengan usia muda di kisaran 30 tahun juga perlu waspada. Sebab orang di rentang usia tersebut juga tidak sedikit yang terinfeksi virus corona.

Seperti kajian yang dipaparkan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS), 9 April 2020.

CSIS melakukan riset dengan mengumpulkan dan mengolah data virus corona yang dirilis pemerintah Indonesia sejak 1 Maret hingga 1 April 2020.

Baca juga: Bagaimana Mensterilkan Tempat yang Pernah Didatangi Orang Positif Corona?

Usia dan prosentase

Dari tabel yang ditampilkan, kelompok usia 20-29 tahun memiliki ada sebanyak 9,3 persen atau 166 pasien.

Kemudian pasien dengan rentang 30-39 tahun didapati sebanyak 285 orang atau 15,9 persen.

Sementara kelompok umur 40-49 tahun dengan 296 pasien atau setara dengan 16,5 persen.

Prosentase tertinggi pasien virus corona masih berada pada kelompok umum 50-59 tahun. Pasien di kelompok ini sekitar 20,9 persen dengan jumlah kasus saat itu 374 orang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X