Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Bumi Armenia Tewaskan Lebih dari 25.000 Jiwa

Kompas.com - 07/12/2019, 05:28 WIB
Ilustrasi puing-puing akibat gempa di Armenia ShutterstockIlustrasi puing-puing akibat gempa di Armenia

KOMPAS.com - 31 tahun yang lalu, tepatnya 7 Desember 1988, gempa bumi terjadi di Spitak, bagian utara Armenia dan menewaskan lebih dari 25.000 orang.

Di hari itu, ada dua gempa yang terjadi dan berjarak hitungan menit. Masing-masing memiliki kekuatan sebesar 6,9 Magnitudo dan 5,8 Magnitudo. Gempa ini dirasakan hingga Georgia, Turki, dan Iran.

Melansir History, gempa pertama terjadi sekitar pukul 11.41 sekitar 3 mil dari Spitak, sebuah kota yang berjarak sekitar 20 mil ke barat laut dari Kirovakan. Kota ini memiliki penduduk sekitar 25.000 orang.

Episentrum dari gempa ini tidak jauh dari permukaan dan menjadi bagian dari kerusakan yang mengerikan. Kemudian, empat menit setelahnya, gempa berkekuatan 5,8 meruntuhkan bangunan yang nyaris roboh pada gempa pertama.

Gempa bumi tersebut menghantam sekitar 40 persen wilayah Amerika. Namun, jumlah korban paling banyak ada di Spitak.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: NASA Ungkap Keberadaan Air di Mars

Kerusakan

Spitak mengalami kerusakan total. Struktur-struktur di kota kebanyakan dibangun dengan biaya murah atau hanya menggunakan bata dan atap batu sehingga hampir seluruhnya runtuh akibat getaran.

Melansir Armenian National Survey for Seismic Protection, 170 perusahaan industri dihentikan. Kerugian besar juga terjadi di pedesaan dan kompleks agroindustri sebagaimana monumen-monumen budaya, sejarah, dan arsitektural.

Akibat gempa bumi ini, sekitar 917 bangunan umum rusak.

Di Leninakan, kota kedua terbesar di Armenia dengan 300.000 penduduk, sekitar 80 persen bangunan tidak dapat bertahan. Lebih buruknya, pemerintah yang saat itu dikontrol oleh pemerintah Soviet menunda pemberian izin untuk tim penyelamat atau evakuator dan relawan memasuki wilayah gempa.

Kemudian, 10 hari setelah gempa, seluruh orang asing diperintahkan untuk keluar.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X