Jelang Hari Antikorupsi Sedunia, KPK Siapkan Serangkaian Acara

Kompas.com - 06/12/2019, 15:57 WIB
Ilustrasi Antikorupsi Shutterstock.comIlustrasi Antikorupsi

KOMPAS.com- Masyarakat internasional sepakat memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) setiap tanggal 9 Desember tiba, begitu juga dengan Indonesia.

Sebagai lembaga yang fokus bergerak di ranah pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) telah menyiapkan sejumlah agenda

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hakordia 2019 dengan mengangkat tema besar “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju”.

Serangkaian agenda peringatan ini akan dilakukan mulai hari ini, Jumat (6/12/2019) hingga puncak perayaan pada Senin (9/12/2019) mendatang.

Berdasarkan informasi yang diunggah di laman KPK, hari ini kegiatan dimulai dengan workshop bersama Komunitas Antikorupsi di Kampus Universitas Indonesia dan Gedung Merah Putih KPK pagi tadi.

Ini menjadi penting karena peran komunitas pegiat antikorupsi beserta segenap lapisan masyarakat sangat diperlukan untuk pencegahan tindak korupsi. Workshop ini pun sekaligus dimanfaatkan untuk memperluas jejaring antikorupsi di Indonesia.

Pukul 16.00 WIB nanti, akan dilanjutkan dengan Festival Saksi 2019 yang bertempat di Gedung Merah Putih KPK.

Baca juga: Pengamat: KPK Dapat Usut Kasus Harley dan Brompton Dirut Garuda

Di sana akan diluncurkan sebuah album bernama "B-Side" yang merupakan bentuk penghargaan atas kreativitas para musisi atas ide dan pesan yang diselipkan dalam lagu-lagu antikorupsi yang diciptakan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (@official.kpk) pada 4 Des 2019 jam 8:44 PST

Selain para musisi, pekerja jurnalistik juga akan diberi penghargaan khusus dalam malam Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi yang juga diselenggarakan di tempat yang sama pada pukul 18.00 WIB.

Rangkaian perangkaian Hakordia 2019 akan kembali dilanjutkan pada Minggu (8/12/2019) dengan mengadakan ACFFest 2019 berupa pemutaran film pendek bertema antikorupsi di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, telah diadakan kompetisi untuk pembuatan film pendek berdurasi 10-15 menit dengan tagline "Muda Beraksi Antikoruopsi".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X