Temuan Ombudsman: Diskriminasi CPNS 2019, Tak Terima Wanita Hamil dan LGBT

Kompas.com - 22/11/2019, 13:23 WIB
Tangkapan layar kebijakan persyaratan CPNS 2019 Kejagung dan Kemendag berisi larangan peserta wanita hamil dan LGBT melamar dan mendaftar CPNS 2019. Kemendag dan KejagungTangkapan layar kebijakan persyaratan CPNS 2019 Kejagung dan Kemendag berisi larangan peserta wanita hamil dan LGBT melamar dan mendaftar CPNS 2019.

KOMPAS.com - Ombudsman mengungkapkan temuan dan laporan yang diterima lembaganya terkait diskriminasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019.

Laporan itu diterima melalui layanan pengaduan yang dibuka Ombudsman sejak Kamis (14/11/2019).

Anggota Ombudsman Ninik Rahayu mengungkapkan, dari layanan tersebut pihaknya mendapatkan laporan adanya diskriminasi pada syarat pelamar CPNS.

Syarat yang dianggap diskriminasi itu adalah, bagi pelamar wanita tidak dalam keadaan hamil, perilaku LGBT tidak diperbolehkan mendaftar sebagai ASN pada tahun ini.

Ninik menyebutkan, kebijakan tersebut tercantum dalam persyaratan peserta CPNS 2019 untuk Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Kejaksaan Agung ( Kejagung).

Baca juga: LGBT Dilarang Jadi CPNS Kejaksaan Agung, Arsul Sani: Itu Diskriminasi

"Jadi itu kan ada di pengumuman rekrutmen Kemhan, persyaratan CPNS 2019 di Kemhan itu membuat kualifikasi tidak menerima perempuan yang sedang hamil," ucap Ninik kepada Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Menurut dia, kehamilan tidak boleh menjadi dasar untuk menghambat seseorang untuk mendaftar atau mengikuti CPNS 2019.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Kompas.com dalam pengumuman Nomor PENG/4/XI/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian Pertahanan RI Tahun Anggaran 2019, memang ditemukan syarat tersebut.

Pada bagian persyaratan pelamar, ada Persyaratan Khusus Poin (f), yang menyebutkan, "Bagi pelamar wanita tidak dalam keadaan hamil pada waktu melamar dan seleksi".

Tangkapan layar persyaratan CPNS 2019 Kementerian Perdagangan yang tidak memperbolehkan wanita hamil melamar dan mendaftar CPNS.https://www.kemendag.go.id Tangkapan layar persyaratan CPNS 2019 Kementerian Perdagangan yang tidak memperbolehkan wanita hamil melamar dan mendaftar CPNS.

Setelah menemukan adanya persyaratan ini, Ombudsman berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan agar dapat menyampaikan tindakan diskriminasi ini pada rapat sidang kabinet terbatas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X