Kompas.com - 10/11/2019, 17:30 WIB
Ilustrasi mata lelah ShutterstockIlustrasi mata lelah

KOMPAS.com - Di era serba digital seperti sekarang, kesehatan mata sangat penting dijaga. Pasalnya, dalam keseharian kita kerap kali harus berhadapan dengan layar gawai untuk berbagai keperluan.

Sayangnya, menatap layar gawai dalam jangka waktu lama juga punya konsekuensi khusus pada kesehatan mata.

Untuk itu, kita perlu melakukan beberapa upaya agar menjaga mata tetap sehat. Salah satunya adalah dengan olahraga mata.

Beberapa pihak mengatakan bahwa olahraga mata adalah penyembuhan alami pada masalah-masalah penglihatan. Akan tetapi, penelitian yang merujuk pada hasil tersebut masih terbilang minim.

Namun, olahraga mata tetap mendatangkan manfaat jika dilakukan, yaitu dapat meredakan ketegangan pada mata sehingga mata terasa lebih baik.

Baca juga: Dokter Ini Analisis Kerusakan Mata yang Dialami Novel Baswedan, Seperti Apa?

Olahraga mata mungkin tidak akan menyembuhkan masalah-masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun, dekat, ataupun masalah-masalah lainnya.

Akan tetapi, dengan melakukannya, mata dapat terasa lebih nyaman, terutama apabila mata mengalami iritasi akibat bekerja.

Kondisi mata tegang sering dialami oleh orang-orang yang bekerja di depan layar komputer sepanjang hari. Kondisi tersebut dapat menyebabkan mata kering, tegang, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Melansir dari laman Healthline, berikut beberapa latihan atau olahraga yang dapat memperbaiki gejala-gejala mata tegang:

1. Mengubah fokus

Latihan ini dapat menguji fokus dan dilakukan dalam posisi duduk.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X