Hari Radiologi Internasional 2019 Bertema "Sports Imaging", Apa Itu?

Kompas.com - 08/11/2019, 15:54 WIB
Ilustrasi hari radiologi internasional ShutterstockIlustrasi hari radiologi internasional

KOMPAS.com - 8 November diperingati sebagai hari radiologi internasional. Peringatan ini dirayakan setiap tahun untuk membangun kesadaran yang lebih tinggi terhadap nilai radiologi.

Radiologi memiliki peran penting dalam keselamatan pasien dan perbaikan pemahaman peran vital dari radiologis serta teknologi radiologikal dalam fasilitas kesehatan.

Tiap tahun, tema yang diangkat dalam peringatan hari radiologi internasional berbeda-beda.

Melansir dari laman International Day of Radiology 2019, tahun ini, tema utama yang diangkat adalah Sports Imaging (Musculoskeletal Radiology).

Musculoskeletal radiology atau radiologi muskoleskeletal adalah subspesialisasi radiologi diagnostik yang tumbuh dengan cepat. Ia berperan penting dalam pengujian dan manajemen pasien dengan beragam cedera di dunia, khususnya dalam dunia olahraga.

Dengan subspesialisasi ini, sebuah disiplin baru pun muncul, yaitu sports imaging.

Pada hari radiologi internasional 2019, hal-hal yang disoroti adalah terkait peran penting dari pencitraan dalam diganosis, prognosis, dan perawatan dari cedera olahraga, serta signifikasi pemahaman anatomi, biomekanik, dan pilihan perawatan bedah.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penemuan X-Ray Mengubah Dunia

Perkembangan ultrasonik dan magnetik resonance imaging (MRI), dalam 20 tahun terakhir, telah menghasilkan visualisasi yang sangat jelas pada tendon, ligamen, dan tulang rawan.

Hal tersebut menunjukkan peningkatan pentingnya pencitraan medis dalam diagnosis dan perawatan terkait cedera akibat olahraga.

Ahli radiologi berperan penting dalam manajemen klinis atlet-atlet papan atas dan juga orang-orang yang tergabung dalam olahraga di berbagai tingkat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X