Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing, Ini Profil Aries Susanti Rahayu

Kompas.com - 20/10/2019, 13:59 WIB
Atlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti Rahayu mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil meraih medali emas pada kategori speed Asian Games 2018 di Arena Panjat Tebing Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/8/2018). ANTARA FOTO/INASGOC/IWAN CHERISTIANAtlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti Rahayu mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil meraih medali emas pada kategori speed Asian Games 2018 di Arena Panjat Tebing Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/8/2018).

KOMPAS.com - Aries Susanti Rahayu kembali mencetak prestasi sebagai atlet panjat tebing Indonesia.

Ia berhasil memperoleh emas dalam ajang Piala Dunia Panjat Tebing (IFSC World Cup) yang digelar di Xiamen, China, Sabtu (19/10/2019).

Aries berhasil menjadi juara dunia dan mengalahkan pemegang rekor dunia, Yi Ling Song, dari Cina.

Selain itu, ia juga memecahkan rekor dunia sebagai perempuan pertama dalam sejarah yang mencatatkan waktu di bawah 7 detik, yaitu 6,995 detik dalam nomor speed world putri.

Aries Susanti Rahayu diketahui lahir di Grobogan, 21 Maret 1995. Pendidikannya dimulai dari SDN Taruna, Klambu, Grobogan.

Ia melanjutkan pendidikan dasarnya di SMPN 1 Grobogan. Kemudian, melanjutkan sekolah di SMAN 9 Semarang dan SMA Kristen Purwodadi.

Ia juga menempuh pendidikan tinggi di jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Semarang.

Karir Panjat Tebing

Diberitakan Kompas.com (21/05/2018), saat SD, Aries sudah menekuni cabang olahraga lari. Ia kemudian diperkenalkan cabang olahraga panjat tebing oleh guru olahraganya.

Melansir pemberitaan harian Kompas (28/08/2018), Aries menjadi atlet panjat tebing termuda di Grobogan saat berusia 14 tahun.

Aries terus mengasah kemampuannya dalam panjat tebing dan berhasil masuk menjadi atlet PON.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X