6 Cara Mudah Terapkan Pola Makan Sehat

Kompas.com - 12/10/2019, 07:10 WIB
ilustrasi makanan Shutterstockilustrasi makanan

KOMPAS.com - Sudahkah Anda menerapkan pola makan sehat? Segala sesuatu yang kita makan akan memengaruhi kesehatan tubuh.

Nutrisi yang baik adalah bagian penting dari menjalani gaya hidup sehat.

Di negara maju sekelas Amerika, pola makan tak sehat telah menyebabkan epidemi obesitas.

Meski memiliki berat badan ideal, pola makan yang buruk juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti jantung, hipertensi, diabetes tipe 2, osteoporosis, dan jenis kanker tertentu.

Menerapkan pola makan sehat bisa membantu melindungi diri dari persoalan kesehatan yang muncul karena buruknya pola makan.

Lalu, bagaimana cara mengembangkan pola makan sehat?

Coba terapkan 6 cara berikut ini:

1. Makan seimbang

Ahli gizi Cheryl Forberg menyarankan konsumsi makanan yang mengandung 45 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 35 persen lemak baik.

Celakanya, banyak orang menghindari konsumsi lemak karena takut berat badan meningkat.

Padahal, kurang mengonsumsi lemak bisa membuat mudah lapar.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X