Mengenal Penyakit Degeneratif yang Merenggut Nyawa BJ Habibie

Kompas.com - 12/09/2019, 12:05 WIB
FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Sidang Tahunan MPR diselenggarakan dengan agenda penyampaian pidato Presiden Joko Widodo mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/ama. ANTARA FOTO/Sigid KurniawanFOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Sidang Tahunan MPR diselenggarakan dengan agenda penyampaian pidato Presiden Joko Widodo mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/ama.

KOMPAS.com - Indonesia sedang dilanda duka mendalam karena meninggalnya putra terbaik bangsa, Bachruddin Jusuf Habibie.

Presiden ketiga RI ini wafat karena sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya adalah jantung.

Apa itu penyakit degeneratif?

Menurut dr Wahyu Tri Kusprasetyo, penyakit degeneratif merupakan penyakit hasil dari kemunduran struktur dan fungsi tubuh yang sifatnya terus menerus dan mengalami perburukan setiap waktu.

Penyakit degeneratif biasanya dikaitkan dengan proses penuaan.

"Degenerasi itu prosesnya, lebih tepatnya penyakit degeneratif," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (12/9/2019).

Sementara itu, melansir dari Hello Sehat, penyakit degeneratif seperti yang dialami Habibie merupakan kondisi kesehatan di mana organ atau jaringan tubuh yang terus menurun seiring berjalannya waktu.

Penyakit ini seringkali terjadi karena adanya perubahan sel-sel tubuh yang mempengaruhi fungsi organ secara keseluruhan.

Semakin bertambahnya usia, fungsi jaringan dan organ tubuh memang semakin mengalami penurunan.

Itu sebabnya, penyakit ini seringkali dialami oleh orang yang lanjut usia. Namun bukan berarti hal ini tak bisa dialami oleh mereka yang masih berusia muda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X