Kenali Lamanya Melihat Efek Sebenarnya dari Produk Skincare

Kompas.com - 01/09/2019, 08:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memiliki wajah bersih dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Salah satu upaya agar mendapatkan kulit wajah yang segar dan bebas dari masalah-masalah kulit, sebagian orang rela melakukan treatment/perawatan khusus.

Tindakan perawatan ini bisa berupa perlakuan fisik, seperti facial atau scrubbing, atau bisa dengan menggunakan bahan efektif tertentu yang dinilai aman dan bermanfaat bagi kulit wajah.

Untuk perawatan menggunakan bahan efektif ini biasa terkandung dalam produk-produk skincare, seperti cleanser (pembersih), serum, moisturizer, eye cream, dark spot treatment, acne treatment, retinol/retinoid, dan exfoliator.

Namun, butuh waktu berapa lama agar kulit wajah kita bisa terlihat sehat dan bersih dengan produk-produk skincare yang kita gunakan?

Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman ( Unsoed), Ismiralda Oke Putranti mengungkapkan bahwa secara umum produk-produk skincare mulai terlihat efeknya setelah pemakaian 2 minggu.

"Kalau produk-produk perawatan secara umum memang baru efektif kerjanya minimum dalam waktu 2 minggu," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/8/2019).

"Selebihnya, tergantung dari bahan aktif yang ada di dalamnya," lanjut dia.

Bahan Aktif

Menurutnya, bahan aktif yang terkandung dalam skincare, misalnya kandungan dengan embel-embel asam atau acid, dan lainnya.

Berikut daftar efek yang terlihat dalam pemakaian skincare berdasarkan produk perawatannya.

  • Cleanser, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 1 hari
  • Serum, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 6-8 minggu
  • Moisturizer, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 2 minggu
  • Eye cream, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 6-8 minggu
  • Dark spot treatment, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 3-4 minggu
  • Acne treatment, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 24 jam hingga 12 minggu
  • Retinol/retinoid, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 10-12 minggu
  • Exfoliator, efek yang terlihat dalam waktu pemakaian 2-3 minggu

Menurut dokter yang praktik di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo ini, untuk mendapatkan wajah yang bersih dan sehat dengan penggunaan skincare memang tidak bisa didapatkan dengan waktu singkat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X