Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Makanan Pencegah Bau Keringat, Apa Saja?

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki aroma berbeda. Namun, saat produksi keringat berlebih, umumnya tubuh akan menguarkan bau kurang sedap.

Bau badan tidak sedap dapat berasal dari konsumsi makanan tertentu, seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Sama seperti makanan yang menyebabkan bau badan, sejumlah bahan pangan juga dapat mencegah tubuh mengeluarkan aroma tidak sedap.

Pakar biologi dan psikologi Karolinska Institutet, Stockholm, Swedia, Prof Johan Lundstrom mengatakan, bau keringat tergantung pada banyak variabel.

"Bau badan kita berasal dari kombinasi senyawa yang dikeluarkan dari kelenjar yang berbeda, yang sebagian bergantung pada gen kita, populasi bakteri di tubuh, dan lingkungan," kata dia, dikutip dari BBC, 

"Dan terakhir, apa yang kita makan juga bisa berperan penting," lanjutnya.

Lantas, apa saja makanan pencegah bau keringat?

Makanan pencegah bau keringat

Alih-alih menambah deodoran, orang dengan masalah bau badan dapat mencoba beberapa makanan untuk mengontrol aroma tubuh dari dalam.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan pencegah bau keringat dan bau badan:

1. Buah sitrus

Lebih dari sekadar camilan menyegarkan, mengonsumsi jeruk segar termasuk lemon, turut membantu menyamarkan bau badan yang tertinggal di kulit.

Menurut laman Woman's Day, asam pada buah jeruk membantu "menyiramkan" air ke seluruh bagian dalam tubuh.

Bukan hanya itu, jeruk juga kaya akan serat, yang dapat bergerak melalui sistem pencernaan secara perlahan dan membuang racun penyebab bau badan.

Oleh karena itu, jika deodoran tak banyak membantu, tidak ada salahnya untuk memakan jeruk sebagai pencuci mulut.

Ikan identik dengan bau amis yang kerap mengganggu indra penciuman. Namun anehnya, ikan putih atau ikan berdaging putih disebut dapat membantu menyamarkan bau badan.

Sebuah studi menunjukkan, daging merah dikaitkan dengan bau badan tidak sedap. Saat tubuh memecah protein dalam daging, organ kulit akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Kendati demikian, hal serupa tidak terjadi saat tubuh memetabolisme ikan. Untuk itu, orang dengan masalah bau badan dapat menukar konsumsi daging merah dengan ikan putih.

Sementara itu, beberapa ikan putih yang dapat dikonsumsi adalah nila, halibut, dan ikan kod.

Dikutip dari laman Be Beautiful, teh hijau dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan, termasuk mencegah aroma tidak sedap dari tubuh.

Teh hijau mengandung sifat antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Tak sampai di situ, konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu melawan bau mulut, bau badan, dan bau kaki.

Adapun guna memperoleh manfaatnya, minumlah dua hingga tiga cangkir teh hijau dengan madu setiap hari dan rasakan perbedaannya.

Konsumsi banyak sayuran, terutama sayuran berdaun hijau membawa sejumlah khasiat bagi kesehatan, termasuk mencegah bau badan.

Pasalnya, sayuran daun hijau seperti kale, bayam, dan selada air mengandung klorofil tingkat tinggi. Kandungan ini dapat membantu menetralkan senyawa penyebab bau badan.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/29/123000265/4-makanan-pencegah-bau-keringat-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke