Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikan Asal Bali Ini Jadi Inspirasi di Tokoh Film "The Little Mermaid"

Melalui akun Instagram pribadinya, Christian Cordella memperlihatkan desain para putri duyung yang muncul dalam film The Little Mermaid.

Dalam unggahannya, Cordella terlihat menggambarkan Karina dengan sirip hitam dan "pakaian" bergari-garis biru tua serta cokelat. Warna ini khas ikan yang juga dikenal sebagai injel kaisar tersebut.

Mengenal ikan emperor angelfish

Dilansir dari Bali Wildlife, ikan injel kaisar, emperor angelfish, atau imperial angelfish (Imperator pomacanthus) merupakan bagian dari famili Pomacanthidae yang terkenal memiliki warna cerah dan bentuk tubuhnya yang khas.

Di laut, ikan ini banyak ditemukan di perairan tropis dan subtropis di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik termasuk Afrika, Jepang, Mikronesia, Hawaii, dan Polinesia Perancis.

Habitat ikan berukuran 20 hingga 38 cm ini tinggal di antara terumbu karang dan batuan dalam kedalaman 6-55 meter.

Sebagai ikan karnivora, emperor angelfish memakan berbagai invertebrata kecil, plankton, spons, ganggang, dan ubur-ubur sejenis cnidarians.

Ikan ini dikenal berumur panjang dan mampu hidup hingga 15-20 tahun di alam liar.

Predator dari emperor angelfish tidak diketahui pasti. Namun, diduga ikan yang lebih besar, hiu, dan mamalia laut dapat memangsa ikan ini.

Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) memasukkan ikan emperor angelfish dalam kategori Least Concern (LC) yang berarti ikan ini tidak terancam ataupun hampir punah.

Dikutip dari Aqua, emperor angelfish dewasa memiliki garis gelap di area matanya. Garis itu menyerupai topeng yang berguna untuk mengecoh predator.

Ikan ini memiliki tubuh berwarna cerah dengan garis-garis berwarna biru dan kuning.

Ikan yang masih remaja memiliki tubuh yang berbeda dengan warna biru tua dan garis-garis cincin putih dan biru elektrik.

Karena warna ikan dewasa dan anak-anak yang berbeda, Aquarium Source menyebut peneliti sempat menganggap keduanya ikan berbeda.

Meski ditemukan pada akhir tahun 1700-an, kedua ikan tersebut baru diakui berspesies sama pada 1930-an.

Ikan injel kaisar anak-anak butuh waktu hingga dua tahun untuk berubah warna menjadi seperti ikan dewasa.

Dikembangbiakkan di Bali

Dilansir dari Reef to Rainforest Media, emperor angelfish dikembangbiakkan di sebuah unit desa bernama Bali Aquarich milik Su Wen-Ping.

Menurut Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, UD Bali Aquarich berada di Banjar Dinas Sekeling, Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Perusahaan akuakultur yang berbasis di Bali tersebut terkenal mengembangbiakkan ikan badut, bahkan pernah memenangi kejuaraan.

Prosesnya tidak mudah karena ikan ini ternyata galak dan sulit mencari calon pasangan. Bahkan, butuh waktu hingga 11 tahun untuk mengawinkan ikan tersebut.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/14/083000665/ikan-asal-bali-ini-jadi-inspirasi-di-tokoh-film-the-little-mermaid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke