Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pencarian Eril Masih Dilakukan, Ridwan Kamil dan Atalia Saling Menguatkan

KOMPAS.com - Proses pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) masih dilakukan oleh pihak Kepolisian Maritim Swiss.

Sebelumnya, Eril dilaporkan hilang karena terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Dikutip dari laporan KBRI Bern, pada 31 Mei 2022, proses pencarian Eril masih difokuskan pada area di antara dua pintu air dan wilayah pintu air ke-2 di Sungai Aaren.

Polisi Maritim Bern memastikan jika berbagai komunitas di sepanjang bantaran Sungai Aare juga ikut terlibat dalam upaya pencarian Eril.

Selain itu, Ridwan Kamil dan Atalia ikut memantau secara dekat pencarian yang dilakukan oleh Polisi Maritim dengan melakukan usaha mandiri memeriksa beberapa titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aaren.

Pihak Polisi Maritim dalam melakukan pencarian Eril menggunakan beberapa metode seperti patroli darat, perahu, dan drone.

Namun, upaya pencarian Eril akan mengalami kendala dikarenakan perkiraan kondisi cuaca Kota Bern akan diprediksi hujan dengan badai di area pegunungan.

Faktor cuaca ini akan sangat mempengaruhi kondisi air di Sungai Aare dalam proses pencarian Eril.

Sebuah rekaman suara perempuan yang menceritakan kondisi Ridwan Kamil dan Atalia beberapa hari setelah Eril menghilang beredar di dunia maya.

Kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman membenarkan jika rekaman suara tersebut berasal dari salah seorang kerabat yang ikut dalam rombongan ke Swiss.

Erwin menyebutkan bahwa rekaman tersebut ditujukan kepada pihak keluarga untuk kemudian diperdengarkan saat pengajian.

"Voice note itu sebenarnya dari kerabat yang memang membersamai perjalanan Teh Lia. Jadi isinya memang benar, kita minta sama kerabat kita untuk menyampaikan kondisi Kang Emil sama Teh Lia itu seperti apa. Keluarga khawatir, jadi kita sempat minta penjelasan tentang kondisi agar bisa didengar oleh seluruh kerabat," kata Erwin saat dikutip dari Kompas.com, Rabu (1/6/2022).

Setelah beberapa hari hilangnya Eril, Ridwan Kamil dan Atalia melakukan pencarian hingga malam hari dengan menyusuri Sungai Aare.

Erwin mengatakan jika orang tua Eril tersebut saling menguatkan di tengah kondisi yang luar biasa berat saat ini.

"Sejak awal kondisi terjadi, saya melihat seorang ibu yang sangat tawakal dan berserah dengan ikhtiar yang luar biasa secara fisik, mental, dan doa karena saya membersamai juga. Beliau terus menyusuri sungai seharian sampai malam gelap," ungkapnya.

Meskipun banyak pihak yang mengutarakan sentimen negatif atas kerjadian tersebut, namun Ridwan Kamil dan Atalia tetap kompak.

Sehingga, ketawakalan mereka berdua dapat menjadi inspirasi bagi keluarga yang turut mendampingi selama pencarian Eril.

"Pada momen itu sungguh menunjukkan ketangguhan dan kekuatan mereka bersama. Keikhlasan dan ketawakalan yang dilaksanakan hari ini membuat kami yang ada di sini juga optimis dan juga berbaik sangka terhadap takdir Allah," ungkap Erwin.

Sebelumnya, Majelis Ulama (MUI) Jawa Bara (Jabar) menganjurkan warga untuk melakukan shalat gaib terkait hilangnya Eril.

Sekretaris MUI Jabar Rafani Akhyar mengungkapkan jika anjuran tersebut berdasarkan kondisi pencarian Emil yang belum membuahkan hasil meskipun sudah memasuki hari keenam.

"Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari belum ditemukan. Sebaiknya memang bisa dilaksanakan shalat gaib. Itu tuntunannya," kata Rafani dikutip dari Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Rafani menjelaskan jika shalat gaib yang dilakukan bukan untuk mendahului nasib Eril, namun termasuk bagian ikhtiar dari perspektif keagamaan.

"Untuk menolong yang bersangkutan dari sisi keagamaan, kita bisa segerakan shalat gaib. Ini sesuai tuntunan agama. Shalat gaib ini kan mendoakan," ujarnya.

Pihak keluarga Ridwan Kamil juga sudah berkonsultasi terkait pelaksanaan shlat gaib yang ditujukan kepada Eril.

Erwin menyebut jika pelaksanaan shalat gaib baru akan diputuskan usai pencarian hari keenam atau ketujuh.

"Antisipasi skenario tersebut (shalat gaib) keluarga sudah berkonsultasi dengan ulama untuk kami dapat persiapkan apa yang harus dilakukan sesuai syariat islam terhadap apa pun menjadi takdir Eril," katanya.

"Dan keluarga yang ada di sini juga sudah ikhlas apa pun yang terjadi dari Eril kami mungkin setelah hari keenam kita bisa ketahui (salat gaib)," tambahnya.

(Sumber: Kompas.com/ Dendi Ramdhani | Editor: Khairina)

https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/02/072900765/pencarian-eril-masih-dilakukan-ridwan-kamil-dan-atalia-saling-menguatkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke