Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan Ngopi yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Beberapa kebiasaan ngopi, ditengarai bisa berpotensi menaikkan berat badan. Seperti menambah gula dan susu terlalu banyak, juga minum kopi di kala perut masih kosong.

Namun beberapa kebiasaan ngopi yang lain, justru bisa membantu Anda menurunkan berat badan. 

Laura Burak, MS, RD, penulis Slimdown with Smoothies, dan Lauren Manaker, penulis buku The First Time Mom's Pregnancy Cookbook  memaparkan bahwa beberapa kebiasaan ngopi ini bisa membuat Anda menurunkan berat badan sekaligus memiliki pola hidup yang sehat.

Apa sajakah kebiasaan ngopi tersebut?

1. Melewatkan gula alias menyeduh kopi pahit

Melansir dari Eatthis, Manaker mengatakan bahwa tak memasukkan gula ke dalam seduhan kopi adalah cara efektif menurunkan berat badan.

Sebuah studi mengatakan, memasukkan satu sendok gula ke dalam seduhan kopi Anda sama saja dengan menambah 12,5 gr gula ke dalam tubuh Anda.

Jumlah ini adalah jumlah yang sangat besar untuk konsumsi gula di dalam secangkir kecil kopi. 

Jadi bayangkan jika Anda menambahkan 2 hingga 3 sendok gula ke dalam kopi pahit Anda. Tak hanya tubuh akan kebanyakan kalori, namun juga berisiko terkena diabetes tipe 2.

2. Menyesap kopi hitam

Gula dan krimer sama-sama bisa memasok tambahan lemak dan kalori di dalam tubuh Anda, sehingga berat badan pun akan semakin naik.

3. Menambahkan collagen peptides 

Dengan menambahkan collagen peptides ke dalam kopi hitam Anda, kopi Anda akan lebih kaya protein.

Bubuk kolagen juga akan meminimalisir efek kopi. Jadi ketika Anda menyeduh kopi di pagi hari, Anda tak perlu takut akan terdera gangguan perut dan anxiety karena efek kafein di perut kosong.

Selain itu, bubuk kolagen juga bisa membuat Anda merasa penuh dan kenyang. Sehingga selepas secangkir kopi, Anda tak akan berburu makanan untuk memuaskan perut.

4. Tidak menyesap kopi sebagai pengganti makanan

Ketika Anda melakukan itu, kafein tak akan menganggu metabolisme Anda. Namun selepas satu cangkir kopi, Anda justru akan makan berlebih dan menabung banyak stok kalori dan lemak.

Nah agar tidak berlebihan makan, sebaiknya konsumsi kopi bersama makanan atau kudapan. Dengan cara ini, perut justru akan merasa kenyang lebih lama.

5. Tidak menyeduh kopi di sore hari

Menyeduh kopi di petang hari bisa membuat efek kafein masih tetap tertinggal di dalam tubuh ketika Anda sudah memasuki waktu tidur malam. Hal ini akan menganggu pola tidur Anda dan berisiko membahayakan kesehatan.

Menurut studi, kurang tidur justru akan membuat Anda semakin gendut. Minimnya jam tidur akan menganggu kerja hormon yang mengatur rasa lapar dan rasa kenyang.

Ketika hormon kenyang terganggu, maka Anda akan terus berburu makanan sepanjang hari. 

Kelima kebiasaan di atas adalah rutinitas yang bisa menyuport program diet Anda. Jika dilakukan rutin, maka bukan tak mungkin berat badan akan turun dengan sangat cepat dalam waktu singkat.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/02/083000065/5-kebiasaan-ngopi-yang-bisa-menurunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke