Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sakit Kepala karena Kelaparan? Begini Cara Penanganannya

Kelaparan memang bisa menyebabkan sakit kepala. Coba ingat-ingat ketika Anda berpuasa, berapa kali Anda terdera sakit kepala?

Disebut hunger headache, sakit kepala karena kurang makan ini bisa datang perlahan-lahan atau mendadak, konstan, baik di sebelah kanan atau kiri kepala.

Melansir Very Well Health, hunger headache biasanya akan mereda perlahan-lahan begitu Anda mengonsumsi makanan.

Kondisi tubuh ketika kelaparan

Ketika Anda berpuasa atau kurang makan dan minum, maka tubuh rentan terseret ke berbagai situasi kesehatan yang kurang menyenangkan.

Yang pertama adalah merosotnya kadar gula di dalam darah atau disebut hipoglikemia. Ketika Anda tak makan dan minum selama berjam-jam, maka kondisi ini berisiko terjadi.

Orang tanpa diabetes, disarankan maksimal memiliki rentang 3 jam tanpa mengonsumsi makanan dan minuman. Lebih dari itu, bisa dipastikan kadar gula dalam darah akan turun.

Kondisi kedua yang bisa terjadi adalah dehidrasi. Ketika tubuh tak bisa melakukan metobolisme dasar secara maksimal karena kekurangan air, maka pembuluh darah akan menyempit secara otomatis. Hal inilah yang memicu lahirnya sakit kepala.

Kondisi terakhir yang bisa terjadi ketika tubuh kelaparan adalah caffeine withdrawal atau sensasi tubuh menuntut kafein.

Hal ini tentu saja hanya terjadi pada Anda yang sudah kecanduan kafein.

Tubuh yang kekurangan kafein ini biasanya mengeluhkan sakit kepala berat karena pembuluh darah menyempit secara otomatis.

Cara meredakan sakit kepala karena lapar

Ketika kadar gula dalam darah turun, sebaiknya segera konsumsi 15 mg karbohidrat. Tunggu 15 menit, dan ukur kadar gula darah Anda kembali.

Jika kadar gula masih di bawah 70 mg/dL, ulangi mengonsumsi karbohidrat hingga gula darah mencapai 70 mg/dL.

Untuk menenangkan tubuh yang butuh kafein hendaknya jangan langsung menyesap kopi ketika perut kosong. Makan dulu kudapan kecil, baru seduh minuman dengan kadar kafein rendah seperti teh.

Baru setelah perut terisi banyak makanan dan minuman, Anda bisa menyeduh kopi sesuai keinginan.

Agar sakit kepala karena kelaparan tak terlalu sering menganggu aktivitas Anda, sebaiknya atur pola makan secara sehat, perbanyak minum, dan kurangi asupan kafein agar tubuh tak kecanduan kopi.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/18/133000765/sakit-kepala-karena-kelaparan-begini-cara-penanganannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke