Salin Artikel

Cara Membuat Permen Dalgona Seperti Permainan di Drakor Squid Game

KOMPAS.com - Bagi Anda yang sudah menonton drama Korea yang berjudul Squid Game, tentu tidak asing lagi dengan permainan permen dalgona atau ppopgi.

Dalam drama yang viral di media sosial tersebut, peserta diberikan tantangan untuk bisa memotong cetakan permen tanpa mematahkan bentuk cetakan.

Permen ini sebetulnya sudah populer sejak tahun 1970-an. Bahkan masyarakat Korea sendiri kini menganggap ppopgi sebagai jajanan nostalgia masa kecil.

Sebetulnya tak diketahui pasti kapan kemunculan permen dalgona. Namun menurut Gwangju News, dalgona berasal dari Busan dan mulai ada sejak 1960-an.

Kepopuler dalgona sendiri yakni sekitar tahun 1970-1990.

Kala itu penjual dalgona kerap membuat tantangan seru untuk para pembeli mereka yakni dengan memotong permen mengikuti cetakannya.

Nah, ternyata permen yang terbuat dari gula ini bisa Anda buat sendiri di rumah.

Berikut ini resep dan cara memasak permen dalgona dilansir dari Kompas.com.

  • Saat permen mulai mengeras, segera cetak menggunakan cetakan dengan bentuk sesuai selera. Tekan cetakan tersebut sekitar lima sampai 10 detik. Angkat cetakannya.
  • Diamkan dalgona hingga mengeras, sekitar dua sampai tiga menit. Dalgona bisa langsung dimakan atau dipotong sesuai bentuk cetakan.

(Sumber: Kompas.com Penulis Lea Lyliana | Editor Lea Lyliana)

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/26/170500465/cara-membuat-permen-dalgona-seperti-permainan-di-drakor-squid-game

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.