Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Soal SKD CPNS 2021 ada 110 Butir, Waktu Pengerjaan 100 Menit

KOMPAS.com - Panitia seleksi nasional (Panselnas) masih akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021.

Plt Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, soal SKD CPNS 2021 terdiri dari 110 butir soal dengan waktu pengerjaan 100 menit.

110 soal itu, imbuhnya terdiri dari tiga jenis materi, meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Namun, Paryono menambahkan, durasi pengerjaan 100 menit tidak berlaku mutlak untuk seluruh peserta tes.

Durasi 100 menit dikecualikan bagi pelamar dengan kriteria tertentu, yakni pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada formasi khusus penyandang disabilitas.

"Penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada formasi khusus penyandang disabilitas, diberikan durasi menjawab soal SKD selama 130 menit," kata Paryono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (30/7/2021).


Bobot penilaian 

Paryono mengatakan, jumlah 110 soal SKD terdiri dari 30 soal untuk materi TWK, 35 soal untuk materi TIU, dan 45 soal untuk materi TKP.

Pembobotan nilai adalah sebagai berikut:

Adapun nilai minimal atau ambang batas (passing grade) pada masing-masing materi soal adalah sebagai berikut:

  • 65 untuk TWK
  • 80 untuk TIU
  • 166 untuk TKP

Sementara untuk nilai maksimal atau kumulatif paling tinggi pada masing-masing materi soal terdiri atas 150 untuk TWK, 175 untuk TIU; dan 225 untuk TKP.

"Ketentuan nilai ambang batas dan kumulatif tersebut dikecualikan bagi formasi kebutuhan khusus, meliputi putra-putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian/cumlaude; diaspora; penyandang disabilitas; dan putra-putri Papua dan Papua Barat," kata Paryono.


Passing grade formasi khusus

Adapun nilai ambang batas yang ditetapkan pada masing-masing formasi kebutuhan khusus tersebut, di antaranya:

  • Untuk peserta yang mendaftar pada formasi khusus Cumlaude dan Diaspora memiliki Nilai Kumulatif SKD paling rendah 311 dan Nilai TIU paling rendah 85
  • Untuk formasi khusus Penyandang Disabilitas dan Putra-putri Papua dan Papua Barat memiliki Nilai Kumulatif SKD paling rendah 286 dan Nilai TIU paling rendah 60.

Paryono mengatakan, pengecualian nilai ambang batas juga ditetapkan bagi formasi umum dengan jabatan-jabatan tertentu, yakni jabatan Dokter, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, Dokter Gigi Spesialis, dan Dokter Pendidik Klinis dengan Nilai Kumulatif SKD paling rendah 311 dan Nilai TIU paling rendah 80.

Selanjutnya pengecualian berlaku pada jabatan ABK, Rescuer, dan Pengamat Gunung Api dengan Nilai Kumulatif SKD paling rendah 286 dan Nilai TIU paling rendah 70.

Indikator tiap materi

Paryono mengatakan, setiap materi soal SKD bagi peserta CPNS 2021 diperuntukkan untuk menguji kompetensi dasar yang harus dimiliki setiap ASN sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

"Materi soal TWK digunakan untuk menilai pengetahuan dan kemampuan peserta dalam aspek nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia," kata Paryono.

Sementara materi soal TIU untuk menguji pengetahuan dan kemampuan dalam aspek kemampuan verbal, numerik, dan figural.

Sedangkan materi soal TKP untuk menguji pengetahuan dan kemampuan peserta dalam aspek pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.


Jadwal SKD CPNS 2021

Diberitakan Kompas.com, 19 Juli 2021, BKN menyebutkan, untuk saat ini, tahapan pelaksanaaan SKD, Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru, Seleksi Kompetensi PPPK Guru dan SKB, akan menyesuaikan dengaan kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi Covid-19.

Sebelumnya, jadwal pelaksanaan CPNS sempat mengalami perubahan.

Batas pendaftaran yang awalnya dijadwalkan pada 21 Juli 2021, diperpanjang hingga 26 Juli 2021.

Perubahan ini juga diikuti perubahan jadwal seleksi CASN yang lain.

Tahapan selanjutnya setelah pendaftaran adalah pengumuman hasil seleksi administrasi yang semula dijadwalkan pada tanggal 28-29 Juli 2021, diundur menjadi 2-3 Agustus 2021.

Sementara, untuk tahapan masa sanggah yang awalnya dijadwalkan 30 Juli-1 Agustus 2021, berubah menjadi 4-6 Agustus 2021.

Demikian pula untuk periode jawab sanggah yang diundur menjadi 4-13 Agustus 2021.

Selengkapnya, berikut jadwal terbaru pelaksanaan CPNS dan PPPK 2021:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/02/090500865/catat-soal-skd-cpns-2021-ada-110-butir-waktu-pengerjaan-100-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke