Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Kuda Nil Taman Safari Telan Botol Plastik, Ini Lanjutan Kasusnya

Peristiwa tersebut terjadi setelah terekam dalam video Instagram Story milik akun @cyntiactcete, yang diunggah pada Senin (8/3/2021).

Kejadian tersebut mendapat banyak respons dari pengguna media sosial. Sebagian besar mengecam aksi tersebut.

Terbaru, terduga pelaku telah mendatangi Taman Safari Indonesia (TSI) dan meminta maaf atas perbuatan tersebut.

"Saya mau melempar (botol), enggak sengaja itu. Minta maaf sekali, iya menyesal. Minta maaf seluruh Indonesia sama seluruh Taman Safari, saya minta maaf sekali," kata terduga pelaku dalam video tersebut.

Pelaku minta maaf

Kepala Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Yulius Suprihardo mengatakan, terduga pelaku pelemparan botol plastik ke mulut kuda nil itu telah mendatangi TSI pada Selasa (9/3/2021).

Ia datang untuk menyampaikan permintaan maaf.

"Pelaku tadi datang mengonfirmasi, mengakui bahwa pelaku tersebut telah membuang sampah ke area kolam (kuda nil)," ucap Yulius saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Melalui unggahan akun Instagram Taman Safari Indonesia @taman_safari, Selasa (9/3/2021), terduga pelaku menyampaikan penyesalan atas perbuatannya.

Ia meminta maaf kepada pihak Taman Safari Indonesia serta seluruh masyarakat Indonesia.

Pemeriksaan kepolisian

Setelah menyampaikan permintaan maaf, pelaku telah dibawa ke kantor kepolisian terdekat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Humas TSI Yulius Suprihardo bahwa pelaku dibawa ke kantor kepolisian terdekat guna menjalani pemeriksaan.

Pihak Taman Safari Indonesia sendiri menunggu hasil pemeriksaan dari pihak kepolisian.

"Selanjutnya kami menunggu hasil pemeriksaan dari pihak kepolisian," ujar Yulius.

Kuda nil dalam kondisi aman

Diberitakan Kompas.com, Selasa (9/3/2021), kondisi kuda nil betina bernama Ari, yang sempat menelan botol plastik itu terpantau aman.

Setelah mengetahui kejadian itu, petugas Taman Safari Indonesia segera memeriksa dan membersihkan sampah yang ada di mulut hewan tersebut.

“Saat ini satwanya sih aman karena kuda nilnya memuntahkan kembali sampah tersebut. Padahal, kalau sampai tertelan bisa menyebabkan kematian bagi satwa kami, kan botol plastik mineral itu kan terurai ratusan tahun," kata Yulius Suprihardo, Kepala Humas Taman Safari Indonesia.

Kondisi kuda nil betina itu masih dalam pantauan tim medis serta penjaganya.

Yulius mengatakan, tim medis serta penjaga kuda nil terus mengobservasi kondisi kesehatan satwa tersebut.

"Kondisi dan nafsu makan Ari hari ini pun terpantau normal," ujar Yulius.

Berkaca dari kasus ini, Yulius berharap agar pengunjung yang datang ke Taman Safari Indonesia bisa memberikan rasa cinta terhadap satwa-satwa yang ada di sana.

"Intinya adalah bahwa satwa kami aman dan kami berharap ini kejadian terakhirlah. Karena kan saat memasuki kebun binatang itu harus ikutin aturan dong, apalagi ada tulisan jelas aturannya enggak boleh kasih makan satwa. Itu harusnya mereka mengerti," tutur Yulius.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/09/170000365/video-viral-kuda-nil-taman-safari-telan-botol-plastik-ini-lanjutan-kasusnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke