Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mirip Hachiko, Anjing di Turki Ini Setia Menanti Pemiliknya di Depan Pintu Rumah Sakit

KOMPAS.com - Seekor anjing dengan setia menanti majikannya yang tengah menjalani rawat inap di sebuah rumah sakit di kota Trabzon, daerah utara Turki.

Melansir ABC News, Sabtu (23/1/2021), anjing bernama Boncuk itu awalnya mengikuti ambulans yang membawa majikannya, Cemal Senturk, ke sebuah rumah sakit di Trabzon pada Kamis (14/1/2021).

Sejak saat itu, Boncuk selalu datang ke rumah sakit itu setiap hari, menunggu kepulangan majikannya.

"Dia menunggu di rumah sakit ini selama tiga, empat hari. Dia (Boncuk) kabur dari rumah, dan datang ke sini sendiri," kata Egeli.

Satpam rumah sakit, Muhammet Akdeniz, mengatakan, Boncuk datang setiap hari sekitar pukul 09.00 pagi, dan menunggu hingga malam.


Akdeniz menuturkan, Boncuk sangat jinak dan tidak mengganggu siapa pun. Anjing itu juga tidak memaksa masuk ke dalam rumah sakit.

"Ketika pintu rumah sakit terbuka, dia akan melongokkan kepalanya ke dalam, tapi tidak masuk. Dia hanya menunggu majikannya di luar," kata Akdeniz.

Bertemu kembali dengan majikan

Pada Rabu (20/1/2021), Boncuk akhirnya bertemu kembali dengan majikannya. Dia langsung menyambut Senturk yang baru saja keluar dari rumah sakit, dan masih duduk di kursi roda.

"Dia selalu bersama dengan saya, dan saya juga sangat merindukannya," kata Senturk.

Senturk mengatakan, ikatan antara majikan dan anjingnya adalah sesuatu yang membawa kebahagiaan.

"Mereka (anjing) selalu menemani kita selayaknya manusia, dan juga membuat orang-orang senang," ujar Senturk.


Kisah-kisah anjing setia

Kesetiaan Boncuk yang tidak tergoyahkan serupa dengan beberapa cerita tentang anjing yang menunggu lama untuk bertemu kembali dengan pemiliknya.

Seekor anjing di Brasil menunggu pemiliknya kembali selama empat bulan di luar rumah sakit Sao Paulo. Namun, anjing itu tidak tahu jika pemiliknya telah meninggal dunia.

Di Tasmania, dua anjing menjaga jasad pemilik mereka selama berminggu-minggu, setelah sang majikan meninggal dunia.

Sementara itu, di China, seekor anjing menunggu di tengah jalan selama lebih dari 80 hari, di dekat tempat pemiliknya dilaporkan tewas dibunuh.

Kisah paling terkenal tentang kesetiaan anjing adalah seekor anjing Jepang bernama Hachiko yang menunggu hampir 10 tahun di stasiun kereta.

Hachiko tidak tahu bahwa pemiliknya telah meninggal dunia, setelah berpisah dengannya di peron stasiun pada 1920-an.

Karena kisahnya yang mengharukan, sebuah patung perunggu didirikan di Stasiun Shibuya Tokyo, dan menjadi pengingat akan kesetiaan Hachiko.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/23/143000265/mirip-hachiko-anjing-di-turki-ini-setia-menanti-pemiliknya-di-depan-pintu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke